Almarhum Adrian Tetap Terima Penghargaan

Press conference penghargaan ahmad bakrie award 2011
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVAnews - Satu dari enam penerima Penghargaan Ahmad Bakrie 2011, Adrian B. Lapian, wafat sebelum Penghargaan dianugerahkan pada 14 Agustus nanti. Tokoh yang dikenal sebagai sejarahwan maritim itu meninggal dunia pada 19 Juli 2011.

Menurut Ketua Dewan Juri Penghargaan Ahmad Bakrie, Ulil Abshar Abdalla, Adrian B Lapian wafat sebulan setelah Dewan Juri memutuskannya sebagai penerima Penghargaan untuk bidang Pemikiran Sosial. Namun, Penghargaan tetap akan diberikan kepada yang berhak meski sudah wafat, dan Dewan Juri tidak akan mencari penggantinya.

"Penghargaan kepada yang wafat, tidak mengubah keputusan kita (Dewan Juri), dan tetap akan diberikan," kata Ulil, dalam konferensi pers di kantor Freedom Institute, Jakarta, Kamis, 28 Juli 2011.

Ulil menjelaskan, ia sempat bertemu Adrian sebelum wafat, yakni ketika dirawat di Rumah Sakit Gatot Subroto. "Saat itu, beliau menyampaikan bahwa kalau beliau tidak bisa hadir (dalam acara Malam Penganugerahan Penghargaan Ahmad Bakrie), akan diwakilkan kepada sahabatnya," ujarnya.

"Saya kira, beliau sudah menyelesaikan urusannya sebelum wafat," imbuh Ulil menjelaskan bahwa Almarhum telah memberikan amanat kepada sahabatnya untuk menerima penghargaan itu.

Adrian B. Lapian merupakan sejarawan maritim yang menulis perspektif baru penulisan sejarah kawasan Indonesia dan Asia Tenggara. Menurut dia, Indonesia adalah 'negara laut utama' yang ditaburi pulau-pulau, bukan negara pulau-pulau yang dikelilingi laut.

Pemikirannya tentang sejarah maritim Indonesia ditulis dalam bukunya yang berjudul Orang Laut-Bajak Laut-Raja Laut: Sejarah Kawasan Laut Sulawesi Abad XIX. (eh)

Laporan M. Arief Hidayat