Jamaah Naqsabandiyah Berlebaran Hari Ini

Salat Ied di Halaman DPP
Sumber :
  • VIVAnews/Adri Irianto

VIVAnews -- Jamaah Tarekat Islam Naqsabandiyah telah melaksanakan salat Idul Fitri, Senin 29 Agustus 2011. Mereka melaksanakan lebaran lebih awal dari mayoritas umat Islamdi Indonesia lainnya.

Jamaah Naqsabandiyah memulai takbiran pada Minggu 28 Agustus malam. pagi harinya, salat Id digelar di sejumlah masjid yang menjadi anggotanya.

Diantaranya Masjid Baitul Makmur, Surau Baru, di Pasar Baru, Kecamatan Pauh V. Sekitar seratus jamaah tareqat ini terlihat mengikuti salat Id. Salat Id juga digelar jamaah tareqat ini di Solok, Pesisir Selatan, dan sejumlah daerah lain di Sumbar.

Bertindak sebagai khatib salat Id yakni Ketua Naqsabandiyah Sumbar Syafri Malin Mudo. Sedangkan Imam dipimpin Sekretaris Naqsabandiyah Sumbar Edizon Revindo.

Kutbah disampaikan dalam Bahasa Arab. Menurut Edizon Revindo, salat Id dilakukan setelah 30 hari menjalankan puasa. "Puasa sudah selesai dan sesuai dengan penghitungan yang kita lakukan," kata Edizon usai salat.

Perbedaan dalam menetapkan awal Ramadhan dan lebaran di kalangan tareqat ini sudah terjadi sejak lama. Bahkan, menurutnya, perbedaan terjadi hampir setiap tahunnya.

Hisap munjit yang diyakini tareqat ini sebagai kalender sendiri, membuat perbedaan tersebut akan terus terjadi.

Sementara itu, pemerintah baru menetapkan jatuhnya 1 Syawal 1432 H yang menandai berakhirnya Ramadan pada sore ini. Sedangkan Muhammadiyah kemungkinan besar akan melaksanakan salat Id besok, Selasa 30 Agustus 2011.

Laporan: Eri Naldi l Padang