Wali Kota Depok Berpeluang Diusung di Pilgub Jabar, PKS Ungkap Hal Ini

Presiden PKS Ahmad Syaikhu di DPP PKS
Sumber :
  • VIVA.co.id/Zendy Pradana

Jakarta – Partai Keadilan Sejahtera (PKS) berpeluang akan mengusung Wali Kota Depok Mohammad Idris di Pemilihan Gubernur (PilgubJawa Barat (Jabar) tahun 2024. Tapi, PKS juga tak menutup untuk kader lainnya yang percaya diri maju di Pilgub Jabar.

Respons Bobby Nasution soal Pamannya Ambil Formulir Bakal Calon Wali Kota Medan ke PDIP

"Ya (Idris) itu salah satunya yang sedang dijaring," ujar Presiden PKS Ahmad Syaikhu di rumah Anies Baswedan, Jakarta Selatan pada Selasa 30 April 2024.

Tak hanya itu, Syaikhu menjelaskan bahwa PKS juga tetap fokus pada pengusungan calon gubernur di sejumlah wilayah pada Pilkada serentak tahun 2024. Sehingga tidak hanya fokus di wilayah Jawa Barat.

Sudaryono Mulai Merangkak ke Posisi Atas Survei Pilgub Jateng

Ia juga menjelaskan bahwa peluang kerja sama dengan Partai Nasdem dan PKB juga tetap terbuka di Pilkada serentak tahun 2024. Hal itu akan didiskusikan bersama dengan pengurus masing-masing partai di daerah. "Ya Insya Allah nanti itu masih dalam proses pembahasan di kita juga ya," ujar Syaikhu.

Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Ahmad Syaikhu di rumah Anies Baswedan

Photo :
  • VIVA.co.id/Zendy Pradana
Hasnuryadi Siap Maju Pilkada Kalsel 2024

Syaikhu menjelaskan bahwa ada sejumlah wilayah yang sudah dipastikan oleh PKB, Nasdem dan PKS. Tapi, pembicaraan hal itu belum menyentuh kesepakatan.

"Ya nanti ada di beberapa tempat, cuma tempat-tempat ininya belum difiksasi ya tapi kesepakatan secara umum bagi pilkada-pilkada yang kita memang cukup perahunya akan di prioritaskan untuk kita jalin bersama," ujarnya.

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Habib Aboe Bakar Al Habsyi mengatakan bahwa PKS sudah mengantongi sejumlah nama yang digadang bakal maju di Pilkada DKI Jakarta.

"Ya nanti di Jakarta kita di usahakan dari internal PKS, ada lah nanti," ujar Aboe Bakar kepada wartawan di DPP PKS, Jakarta Selatan pada Sabtu 27 April 2024.

Aboe Bakar menjelaskan bahwa sudah ada tiga nama dari PKS yang nantinya digadang bakal maju di Pilkada DKI Jakarta. Siapa sangka, ada nama Presiden PKS Ahmad Syaikhu. "Bisa ada beberapa nama, ada Sohibul Iman, ada pak Syaikhu, ada pak Mardani bisa," katanya.

Namun begitu, Aboe Bakar memastikan PKS masih belum buka suara akan mencalonkan Anies Baswedan kembali di Pilkada DKI Jakarta 2024. Pasalnya, Anies saat ini sudah menjadi tokoh nasional.

Bahkan, sejumlah warga DKI Jakarta juga masih menginginkan Anies menjadi sosok pimpinan Jakarta lagi. "Anies pastinya dia akan kembali tetapi kami dari PKS mengatakan pak Anies sudah 25 persen sebagai tokoh nasional. Kasih kesempatan sekarang Anies mengantarkan orang PKS untuk menjadi (gub dki). Tapi kita lihat nanti," ujar Aboe.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya