Rakernas ke-V PDIP Bakal Ada Kejutan dari Megawati

Ketua DPP PDIP, Djarot Saiful Hidayat, Konferensi Pers soal Rakernas ke-V di DPP PDIP, Jakarta Pusat
Sumber :
  • VIVA.co.id/Rahmat Fatahillah Ilham

Jakarta – PDI Perjuangan (PDIP) bakal menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) ke-V di Ancol, Jakarta Utara pada 24 - 26 Mei 2024. Acara itu nantinya akan dibuka dengan Api Abadi Mrapen yang dibawa dari Grobokan, Jawa Tengah. 

Imajinasi Projo Ingin Jokowi jadi Ketum Parpol: Gak Mungkin PDIP dan Juga PKS

"Api perjuangan ini biasa dipakai dalam tradisi Pekan Olah Raga Nasional (PON). Api perjuangan nan tak kunjung padam tersebut setelah melalui upacara partai di Mrapen pada hari Jumat, 17 Mei 2024, selanjutnya akan dibawa lari oleh para kader partai, dengan melibatkan atlet maraton nasional dan daerah. Semangat mens sana in corpore sano digelorakan oleh PDI Perjuangan," ujar Ketua DPP PDIP, Djarot Saiful Hidayat di DPP PDIP pada Kamis, 16 Mei 2024. 

Ketua DPP PDIP, Djarot Saiful Hidayat, Konferensi Pers soal Rakernas ke-V di DPP PDIP, Jakarta Pusat

Photo :
  • VIVA.co.id/Rahmat Fatahillah Ilham
Kunjungi Rumah Pengasingan Bung Karno di Ende, Megawati Ingat Kisah Tonil 'Dokter Setan'

Djarot menegaskan bahwa Rakernas nantinya akan mengusung tema ‘Satyam Eva Jayate, Kebenaran Pasti Menang’. Menurut dia, tema ini diambil dengan menyesuaikan kondisi politik saat ini yang disebutnya penuh kegelapan. 

"Rakemas-V Partai diadakan di tengah keprihatinan atas bekerjanya sisi-sisi gelap, kekuasaan melalui manipulasi hukum, penggunaan sumber daya negara dan alat-alat negera, serta berbagai upaya lain yang mengkerdilkan demokrasi. Meritokrasi dan supremasi hukum pun diganti dengan demokrasi kekuasaan, hingga melahirkan berbagai praktik-praktik kecurangan pemilu," ucapnya. 

Isu Golkar Bakal Usung Ijeck di Pilgub Sumut, Projo Siap Kawal Bobby Nasution

Mengenai Api Perjuangan tersebut, kata Djarot, nantinya api itu akan menempuh perjalanan sepanjang 526 km, melewati 20 Kabupaten Kota di Provinsi Jawa Tengah, Jawa Barat, dan akan sampai di Jakarta pada tanggal 23 Mei 2024.

Api Perjuangan Nan Tak Kunjung Padam tersebut, lanjut dia, nantinya akan ditempatkan di Area Rakernas dan menjadi api semangat di dalam melakukan konsolidasi partai, dan pemenangan Pemilukada Serentak pada tanggal 27 November 2024.

Dengan menyalakan Api Perjuangan tersebut, PDI Perjuangan mengajak seluruh partai politik, penyelenggara Pemilu dan pemerintah negara untuk belajar dari dunia olah raga. Menurut Djarot, dalam olahraga ketaatan terhadap aturan main melalui wasit yang independen dan netral bersifat wajib. 

"Olahraga mengajarkan budaya prestasi, bukan jalan pintas. Olahraga penuh dengan sportivitas, kejujuran, dan persaingan sehat atas dasar prestasi pun dikedepankan. Dalam dunia olahraga, kecurangan sangatlah dilarang. Penggunaan dopping dan berbagai bentuk kecurangan merupakan pelanggaran etika dan hukum yang berat," kata dia. 

Ia menyebut acara Rakernas ke-V ini nantinya akan dihadiri para kader PDIP dari berbagai daerah. Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri juga akan memberikan pidato pembuka dalam acara tersebut. 

Kata dia, sejumlah isu terkini dan langkah PDIP ke depannya akan dibahas dalam rapat tersebut. Salah satunya, pembahasan mengenai pilkada serentak yang akan dimulai pada bulan November 2024. "Nanti akan ada kejutan dari beliau," tuturnya. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya