Jokowi dan Ma'ruf Amin Tak Diundang ke Rakernas V PDIP

Ketua Steering Comittee (SC) Rapat Kerja Nasional (Rakernas) ke-V PDIP, Djarot Saiful Hidayat
Sumber :
  • VIVA.co.id/Rahmat Fatahillah Ilham

Jakarta – Ketua Steering Comittee (SC) Rapat Kerja Nasional (Rakernas) ke-V PDIP, Djarot Saiful Hidayat menegaskan bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin tak diundang dalam Rakernas yang akan diselenggarakan pada 24-26 Mei 2024 mendatang. 

Imajinasi Projo Ingin Jokowi jadi Ketum Parpol: Gak Mungkin PDIP dan Juga PKS

"Yang jelas presiden dan wakil presiden tidak diundang. Kenapa? Karena beliau sudah sangat sibuk dan menyibukkan diri," kata Djarot dalam konferensi pers di DPP PDIP, Jakarta Pusat, Kamis, 16 Mei 2024.

Presiden Jokowi dan Wapres Maruf Amin hadir di HUT PDIP ke-50 di Kemayoran

Photo :
  • Youtube PDIP
Kunjungi Rumah Pengasingan Bung Karno di Ende, Megawati Ingat Kisah Tonil 'Dokter Setan'

Djarot juga mengatakan bakal ada kejutan di Rakernas ke-V. Namun, ia belum dapat menjelaskan secara detail terkait kejutan apa yang akan diberikan. 

"Kejutan-kejutan apa saja yang akan muncul di Rakernas ditunggu saja," ujar dia.

Isu Golkar Bakal Usung Ijeck di Pilgub Sumut, Projo Siap Kawal Bobby Nasution

Sebagai informasi, PDIP bakal menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) pada 24-26 Mei 2024 di Jakarta. Dalam rakernas itu, akan dibahas langkah-langkah strategis yang dilakukan partai pasca pelaksanaan Pemilu 2024. 

Ditekankan oleh Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto, terkait bagaimana sikap PDIP apakah berada di dalam pemerintahan atau di luar pemerintahan, itu merupakan kebijakan dari Ketua Umum Megawati Soekarnoputri. 

Demikian disampaikan Hasto kepada awak media usai memberikan pengarahan di Rapat Konsolidasi DPC PDIP Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, Sabtu, 27 April 2024.

"Rakernas partai ke depan akan merumuskan sikap-sikap politik dalam menghadapi seluruh dinamika politik nasional maupun global, dan juga langkah-langkah strategis yang akan dilakukan partai pasca pemilu," kata Hasto.

Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto

Photo :
  • VIVA/Cahyo Edi

Hasto juga mengatakan mengenai target PDIP di Pilkada 2024, akan diputuskan dalam Rakernas di Jakarta nanti.

"Target diputuskan berdasarkan pemetaan politik, PDIP membuka ruang kerja sama. Di tingkat nasional kan kami juga kerja sama dengan PPP, Hanura, Perindo. Maka di tingkat kabupaten/kota dan provinsi juga membuka kerja sama sesuai dengan dinamika politik dan kultur politik yang ada," kata Hasto.

Hasto juga optimis, sebab dari pengalaman yang lalu PDIP mampu menempatkan kader-kader partai yang muncul dari kalangan rakyat biasa, melalui proses kaderisasi untuk menjadi pemimpin di tingkat kabupaten kota dan provinsi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya