PDIP Siap Usung Khofifah di Pilgub Jatim 2024, Risma Tak Masuk Rekomendasi

Ketua Umum PP Muslimat NU Khofifah Indar Prawansa di Harlah Muslimat NU
Sumber :
  • TVNU

Surabaya – Figur Khofifah Indar Parawansa tengah laris manis menuju Pilgub Jawa Timur atau Jatim 2024. Khofifah saat ini juga jadi prioritas PDI Perjuangan (PDIP) untuk diusung jadi bakal Cagub Jatim.

PPP Banten Terus Support Perjuangan di MK, Kader Diminta Solid Jelang Pilkada 2024

Ketua DPD PDIP Jatim Said Abdullah menyampaikan pihaknya tetap ingin mengusung Khofifah untuk maju sebagai bakal Cagub Jatim 2024. PDIP belum berencana mengusung kader sendiri termasuk Tri Rismaharini atau Risma.

Said menuturkan dirinya sudah bertemu dengan Khofifah di kantor PP Muslimat NU beberapa waktu lalu. Ada beberapa poin yang dibahas dalam pertemuan itu.

Gerindra Buka Peluang Usung Bobby Nasution Maju Pilgub Sumut

"Ya saya memang merayu Mbak Khofifah agar bersedia bergandeng bersama PDIP Perjuangan," kata Said usai menghadirkan halal bihalal PAN Jatim di Surabaya, Selasa, 30 April 2024.

Ketua DPP PDI Perjuangan Said Abdullah

Photo :
  • ANTARA
Ikuti Jejak Gibran, Putri Aria Bima PDIP Daftar Maju Pilkada Solo

Namun, menurut Said, belum ada kesepakatan dalam pertemuan dengan Khofifah. Hal itu termasuk soal kemungkinan Khofifah akan bergandeng lagi dengan Emil Dardak sebagai Cawagub Jatim melanjutkan periode sebelumnya.

"Jangan harap ada kesepakatan, karena baru pembicaraan pertama," tutur Ketua Badan Anggaran atau Banggar DPR RI itu.

Dengan demikian, Said menuturkan sampai saat ini PDIP belum berencana untuk mengusung kader sendiri di Pilgub Jatim 2024. Hal itu termasuk kemungkinan mengusung Tri Rismaharini atau Risma, nama yang belakangan ini santer akan diusung PDIP maju menjadi pesaing Khofifah. "Bu Risma tidak saya rekomendasi," ujar Said.

Seperti diketahui, sampai saat ini, ada empat parpol yang sudah resmi merekomendasi Khofifah untuk maju di Pilgub Jatim 2024. Empat partai itu bagian dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM) yang mengusung Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka di Pilpres 2024. Adapun empat parpol itu adalah Gerindra, PAN, Golkar, dan Demokrat.

Dari empat partai itu, baru Demokrat yang mengeluarkan rekomendasi paket lengkap. Partai yang dipimpin Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) itu ingin mengusung pasangan Khofifah-Emil Dardak bisa dilanjutkan di Pilgub Jatim 2024.

Dalam dinamikanya, Gerindra, PAN, dan Golkar kemungkinan masih berupaya mendorong kader masing-masing sebagai bakal cawagub pendamping Khofifah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya