Rektor UI Tak Hadiri Forum dengan Wali Amanat

Rektor Prof Dr UI Gumilar Rusliwa Somantri
Sumber :
  • ui.ac.id

VIVAnews - Rektor Universitas Indonesia, Gumilar Rusliwa Soemantri tidak menghadiri acara temu wicara yang digelar untuk mencari solusi kisruh di kampus yang dipimpinya itu.  Padahal, acara yang digelar di auditorium Fakultas Ekonomi, Depok, Rabu 14 September ini juga dihadiri oleh anggota Majelis Wali Amanat, civitas akademika, Dewan Guru Besar, BEM dan sejumlah alumni UI--- sejumlah kelompok yang selama in berseberangan dengan sang rektor.

Beberapa tokoh yang hadir dalam acara ini antara lain anggota MWA Emil Salim, Dekan FE UI Firmanzah, Sosiolog UI Imam Prasodjo, Adnan Buyung Nasution, Effendi Gazali, Faisal Basri dan lainnya.

Ketua WMA UI, Purnomo mengatakan ketidakhadiran Gumilar itu telah disampaikan kepadanya melalui telepon. "Rektor tidak bisa hadir, mohon maaf," kata Purnomo dalam sambutannya di depan hadirin.

Menurut Purnomo, dalam komunikasi itu, Gumilar menyatakan akan menerima apapun keputusan dalam temu wicara tersebut. "Itu statemen dari Pak Rektor di telpon tadi," jelasnya.

Dia menambahkan, kisruh yang terjadi di UI telah dimuat banyak media di Indonesia. Sehingga, nama baik UI selama ini menjadi terpuruk.  "Nama UI tercoreng di koran. Tidak ada di luar yang bisa mengatasi UI kalau di dalam kita kompak," katanya.