Cari Cessna C 172, SAR Lacak Dua Sinyal ILT

Cessna 172
Sumber :
  • logrobotics.com

VIVAnews - Perkembangan terakhir jatuhnya pesawat cessna C I72 belum juga menemukan titik terang.

Kepala Badan SAR Nasional, Marsekal Pertama Daryatmo mengatakan hari ini pihaknya menerima dua sinyal ILT (semacam sinyal dari peralatan darurat). Sinyal terpantau di daerah Lembang, Bandung dan Pengunungan Tapomas di daerah Sumedang, Jawa Barat

"Perkembangan hari ini kami mendapatkan dua sinyal ILT dari dua tempat di Lembang Bandung dan Pengunungan Tapomas di daerah Sumedang, tapi kami belum dapat memastikan apakah itu adalah milik Cessna C 172," kata Daryatmo, Kamis 17 November 2011.

Menurut Daryatmo besok pagi pihaknya akan menuju kedua lokasi tersebut. Mereka akan mencari kepastian mengenai keberadaan pesawat tersebut. “Untuk mencari kepastian rencananya besok pagi kami akan mendatangi kedua lokasi tersebut,” ujarnya.

Daryatmo menuturkan hingga hari ini radionya belum menangkap sinyal dari pesawat Cessna C 172, hal ini dikarenakan sinyal ILT di pesawat tersebut tidak berfungsi dengan baik.

“Hingga saat ini radio tempat saya belum bisa menerima sinyal Cessna C 172, kemungkinan sinyal ILTnya tidak berfungsi dengan baik, jadi hingga saat ini tidak ada sinyal yang masuk,” ujarnya.

Pesawat Cessna C 172 yang hilang itu dipiloti Kapten Partogi, dengan dua siswa bernama Fikri dan Agung Febrian.

Pesawat hilang kontak sejak pukul 08.19 WIB, setelah terbang dari Lanud Halim Perdanakusuma pada pukul 07.40 WIB. Keluarga Agung Febrian, yang sudah dihubungi mengaku masih khawatir dan menunggu kabar dari Pangkalan Udara Halim Perdanakusuma.