TGPF Laporkan Temuan Tragedi Mesuji

Wakil Menkumham Denny Indrayana Bertemu 3 Perusahaan
Sumber :
  • VIVAnews/ Muhamad Solihin

VIVAnews -- Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan, Djoko Suyanto memimpin rapat membahas laporan Tim Gabungan Pencari Fakta (TGPF) kasus Mesuji. Rapat itu digelar di kantornya, Jakarta, Selasa 2 Januari 2011.

Rapat dihadiri oleh Menteri Dalam Negeri, Menteri Kehutanan, Kapori, Kepala BPN, Ketua Komnas HAM, dan Wamenkum HAM. Ketua TGPF kasus Mesuji, Denny Indrayana mengatakan timnya akan memberikan laporan awal kepada Menkopolhukam terkait kasus mesuji.

Dalam laporan tersebut, kata Denny, diantaranya berisi fakta temuan tentang kejadian yang menyebabkan beberapa korban, rekomendasi awal, dan temuan-temuan yang lain.

"Nanti setelah pertemuan kami akan paparkan ke teman-teman pers," ujar Denny sebelum masuk ke ruang rapat.

Lantas berapa jumlah pasti korban meninggal menurut TPF? "Itu termasuk yang sudah kami verifikasi dan akan kami sampaikan untuk Lampung dan Sumatera Selatan periode 2010-2011," kata Denny.

Denny juga enggan membeberkan apakah ada indikasi pelanggaran HAM dalam kasus Mesuji. "Itu nanti akan kami sampaikan ke teman-teman. Saya mohon izin untuk menyampaikan ke pak Djoko dulu sebagai Menkopolhukam. Nanti saya sampaikan ke teman-teman," pungkasnya.

Kasus sengketa berdarah terjadi di Kecamatan Mesuji Sumatera Selatan dan Kabupaten Masuji Lampung dengan melibatkan beberapa perusahaan perkebunan. Setidaknya 9 orang dilaporkan tewas dalam berbagai kasus kekerasan di wilayah perkebunan itu. (eh)