Bayi Kembar Dempet Riau Ditangani Tim Khusus

Bayi kembar siam dari pasangan Riswanto dan Parsini di Pekanbaru, Riau
Sumber :
  • VIVAnews/Ali Azumar

VIVAnews - Bayi kembar dengan kelainan conjoined twins lahir di Pekanbaru, Riau. Saat ini bayi dengan kelainan tipe thoraco-omphalopagus itu di rawat di Rumah Sakit Umum Daerah Arifin Achmad Pekanbaru, oleh tim dokter khusus berjumlah 6 orang.

Ketua Tim Dokter yang menangani bayi kembar siam berkelamin perempuan itu, Dr Tubagus Ondih SpAB, menjelaskan bagian dada dan perut kedua bayi berhimpitan. Kondisi bayi yang belum diberi nama itu masih stabil.

"Kedua bayi itu berjenis kelamin perempuan. Saat ini untuk memenuhi asupan makanan, kami telah memasang infus. Untuk bernafas juga sudah dipasang alat bantu," kata Tubagus Ondih, Senin 16 Januari 2012.

Menurut dia, kelahiran bayi conjoined twins dengan tipe thoraco-omphalopagus itu tergolong langka. Peluang kelahirannya 1 berbanding 500.000 kelahiran di dunia.

Bayi perempuan dari pasangan Riswanto dan Parsini itu belum juga diberi nama. Ia dilahirkan di RS Umum Daerah Indrasari Kabupaten Indragiri Hulu 14 Januari lalu. Karena kondisinya ada kelainan, akhirnya dirujuk ke RS Arifin Achmad Pekanbaru pada 15 Januari 2012.

Bobot kedua bayi itu totalnya 4,2 kilogram. Bayi kembar siam itu lahir dengan selamat lewat operasi seksio elektif.

"Mengenai peluang hidupnya belum bisa kita pastikan. Untuk langkah selanjutnya, kami perlu melakukan pemeriksaan organ dalam secara tiga dimensi," ujar Tubagus. Untuk melakukan pemisahan, biasanya harus dilakukan setelah bayi berumur 6 atau 9 bulan.

Laporan: Ali Azumar | Riau, eh