Bahas Masalah ASEAN, Yudhoyono ke Thailand

Sumber :

VIVAnews - Presiden Yudhoyono akan bertolak ke Hua Hin, Thailand untuk menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi ke 14 ASEAN. Pesawat yang membawa Yudhoyono ddan rombongan akan tinggal landas dari Bandara Halim Perdanakusuma, Jumat 27 Februari 2009 pukul 14.00.

"Untuk mendiskusikan berbagai hal penting menyangkut permasalahan yang terjadi di kawasan serta isu-isu penting lainnya di dunia," kata Juru Bicara Presiden Bidang Luar Negeri, Dino Patti Djalal, seperti dikutip laman presidensby.info, Kamis 26 Februari 2009.

KTT ASEAN di Hua Hin ini akan mengambil tema atau prioritas pada masalah implementasi Piagam ASEAN (ASEAN Charter), penguatan regional, dan krisis global. "Isu ini menjadi penting akhir-akhir ini, terutama mengingat dunia mulai memasuki masa resesi," kata Dino.

Yudhoyono juga diagendakan akan menghadiri sejumlah pertemuan yang diselenggarakan bersamaan dengan konferensi itu. Selama berada di Hua Hin, Yudhoyono akan melakukan rangkaian pertemuan  ASEAN, BIMP-EAGA (Brunei-Indonesia-Malaysia-Thailand East ASEAN Growth Area), serta IMT-GT (Indonesia-Malaysia-Thailand Growth Triangle). "Juga pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri Singapura, Lee Hsien Loong," lanjut Dino.

Yudhoyono hanya dua hari berada di Thailand. Pada Minggu 1 Maret 2009, rombongan akan kembali ke Indonesia.