Korban Tewas Kapal Feri Tenggelam di Kapuas Bertambah

Basarnas membantu pencarian kapal tenggelam.
Sumber :
  • ANTARA/Ampelsa
VIVAnews - Kapal Feri penyeberangan, rute Panamas-Kapuas tenggelam di Sungai Kapuas, Kalimantan Tengah pada Selasa, 29 Juli 2014. Korban tewas kecelakaan ini bertambah tiga, menjadi 15 orang. 

Kapal nahas itu tenggelam sekitar pukul 09.15 waktu setempat. Akibat kecelakaan itu, tiga orang hilang. Berdasarkan rilis Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho, Tim SAR gabungan masih mencari tiga orang yang hilang. 

Sementara itu, tambahan tiga orang yang meninggal, ditemukan Tim SAR gabungan pada Rabu, 30 Juli 2014 sore. Tiga jenazah langsung dibawa ke rumah sakit. Hingga saat ini, ketiga jenazah itu masih dalam proses identifikasi di rumah sakit.

Sedangkan, 12 korban tewas lainnya sudah berhasil diidentifikasi. Mereka adalah Anita, Lia, Muslim, Angga, Zainal, Supiyani, Anas Ima, Rukayah, Samsuni, Rosma Yulidah, Yuliyani, dan Muhritah. Korban selamat keseluruhan adalah 52 orang. 

Diperkirakan ada sekitar 70 orang penumpang di kapal feri nahas tersebut. Sampai saat ini, lima orang masih dirawat di rumah sakit Kapuas.

Selain itu, 19 motor berhasil dievakuasi. Tidak adanya manifes yang baik, menyebabkan jumlah sepeda motor yang tenggelam berkisar antara 20 hingga 40 unit.

Rencananya, besok pagi, Tim SAR gabungan dari Basarnas, Polri, TNI, BPBD, PMI, SKPD, relawan dan masyarakat akan melanjutkan pencarian korban. Tim SAR gabungan akan mencari korban di lokasi TKP dan menyusuri Sungai Kapuas searah arus sungai. 

Sementara itu, penyebab tenggelamnya kapal feri itu diduga karena kelebihan muatan. Dalam manifes, tercatat 60 orang penumpang. Namun, diperkirakan jumlah penumpang keseluruhan, totalnya sekitar 70 orang.

Tiga orang selaku motoris, ABK, dan pemilik kapal diamankan pihak berwajib untuk pemeriksaan lebih lanjut. (ita)