Seorang TKI Meninggal Misterius di Brunei

Ilustrasi diperkosa.
Sumber :
  • iStock

VIVA.co.id - Seorang tenaga kerja Indonesia (TKI) meninggal dunia di tempat kerjanya di Brunei Darussalam pada 4 Februari 2015. Pekerja migran itu bernama Sudarman Budang Said, warga Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat.

Penyebab kematian Sudarman masih misterius. Rumah sakit di Bandar Seri Begawan, Rumah Sakit Raja Isteri Pangeran Anak Saleha, yang memeriksa jenazah Sudarman hanya menyebut unascertained atau meninggal tanpa penyebab pasti.

Jenazah Sudarman telah dipulangkan ke Tanah Air dan diterima keluarga di Kabupaten Sambas pada 8 Februari 2015. Kedutaan Besar Republik Indonesia untuk Brunei Darussalam turut memfasilitasi pemulangan jenazah dibantu Balai Pelayanan Penempatan dan Perlindungan TKI (BP3TKI) di Pontianak.

Kepala Seksi Penyiapan Penempatan BP3TKI, As Syafii mengatakan, Sudarman diketahui bekerja sebagai teknisi listrik di Bandar Seri Begawan. Tak ada informasi pasti mengenai tempat atau perusahaan tempat ia bekerja. Namun menurut keluarga, Sudarman direkrut seorang pria bernama Kholik, yang mengaku dari PT AAD Pratama Karya Jakarta.

“Sudarman Budang Said berangkat bekerja ke Brunei Darussalam pada akhir bulan Desember 2014. Dan akan berakhir kontrak kerja tahun 2016. Sudarman Budang Said meninggalkan seorang istri dan seorang anak,” kata Syafii dalam keterangan resmi yang diterima VIVA.co.id di Kota Pontianak pada Kamis, 12 Februari 2015.

Widari, istri Almarhum, meminta PT AAd Pratama Karya segera mengurus klaim asuransi suaminya pada Konsorsium Asuransi TKI Mitra. Ia juga meminta pemerintah, dalam hal ini BNP2TKI, agar membantu penyelesaian klaim asuransi tersebut.

Baca berita lain: