Ini Permintaan PDIP kepada Badrodin Haiti

Kapolri Jenderal Badrodin Haiti saat dilantik Presiden Jokowi di Istana Negara.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Widodo S Jusuf

VIVA.co.id - Sejumlah permintaan dilayangkan PDI Perjuangan kepada Kapolri baru, Jenderal Polisi Badrodin Haiti.

Wakil Sekjen DPP PDI Perjuangan Ahmad Basarah mengatakan, tugas Kapolri dalam waktu dekat adalah melakukan konsolidasi internal untuk memperkuat soliditas institusi Polri. "Sehingga menjadi lembaga atau alat negara yang berwibawa dan disegani serta tidak dilecehkan lagi oleh lembaga negara yang lain," katanya, Jumat, 17 April 2015.

Anggota Komisi III ini juga meminta agar Badrodin segera merumuskan kebijakan dan langkah-langkah strategis untuk menerjemahkan kebijakan dan program Presiden. "Kehendak politik Presiden Jokowi yang dituangkan dalam program Nawacitanya," katanya menambahkan.

Selain itu, Kapolri juga diminta menjamin kemananan dan ketertiban sosial dalam rangka peringatan Konferensi Asia Afrika di Bandung. Badrodin juga diminta meningkatkan pelayanan Polisi Lalu Lintas di jalan raya. Permintaan ini dikhususkan bagi wilayah-wilayah perkotaan yang tingkat kemacetannya sudah melampaui batas normal.

"Kelima, bersama BNN menyusun renstra yang jitu untuk mencegah, menangkal dan membasmi produksi, peredaran dan penyalahgunaan narkoba untuk menyelamatkan generasi muda bangsa dari bahaya narkoba," kata ketua Fraksi PDIP di MPR ini.

Terkait terorisme, PDIP meminta, Polri bersama Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) diminta segera menyusun renstra untuk mencegah dan menangkal serta menumpas aksi terorisme.

"Dengan segala bentuk dan organisasinya terutama penyebaran paham ISIS di Indonesia,"

(mus)