Ulang Sejarah, Ribuan Angklung Disiapkan untuk Sambut KAA

Saung angklung Udjo.
Sumber :
  • angklung-udjo
VIVA.co.id - Ribuan alat musik tradisional khas Indonesia, Angklung, akan diikutsertakan untuk mengisi kegiatan Konferensi Asia Afrika di Bandung. Indonesia menargetkan akan mencatatkan rekor dunia untuk bermain angklung terbanyak.

Sebanyak 20 ribu orang pemain sudah disiapkan untuk misi besar tersebut. "Acaranya akan digelar pada tanggal 23 April 2015 di stadion Siliwangi Bandung. Sekarang proses produksi 20 ribu angklung sudah hampir rampung," ujar Direktur Saung Angklung, Taufik Hidayata Udjo, yang menjadi penggagas kegiatan ini, Senin 20 April 2015.

Alat musik angklung, menurutnya, sejak tahun 1955 saat KAA pertama kali digelar di Indonesia, sudah menjadi bagian dari sejarah. Kala itu, Presiden Indonesia Soekarno menampilkannya dengan cara bermain bersama dengan seluruh kepala negara KAA saat pembukaan kegiatan.

Karena itu, momen bersejarah itu kembali akan diulang. Namun, dibuat lebih istimewa dan lebih besar pesertanya. "Kami akan menyanyikan puluhan lagu-lagu daerah dan lagu-lagu asing. Mudah-mudahan pencapaian rekor ini bisa terwujud," ujar Udjo

Untuk peserta, direncanakan, jika ada beberapa delegasi yang tiba lebih dulu ke Bandung,  nanti akan dilibatkan sebagai pemain angklung. Saat ini pemain yang sudah ikut berlatih adalah kalangan pelajar, mahasiswa dan seniman serta masyarakat kota Bandung.

Tema yang diusung dalam pemecahan rekor dunia nanti, Harmony Angklung for the World. Diharapkan angklung kembali mendunia. (one)


Jhon Hendra/Bandung