Bakal Uji Kebohongan Lagi, Hotma: Margriet Sudah Jujur

Pengacara Hotma Sitompul
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

VIVA.co.id - Kuasa hukum Margriet Christine Megawe, Hotma Sitompul memaparkan hasil uji kebohongan kliennya menggunakan alat lie detector.

"Saya kasih tahu, Ibu Margriet dua kali diuji lie detector. Hasilnya, tidak ada kebohongan," kata Hotma di Mapolda Bali, Senin, 29 Juni 2015.

Menurut dia, ada keinginan dari penyidik untuk melakukan tes kebohongan ulang. Hotma secara tegas menolaknya.

"Sekarang mau lagi diperiksa pakai lie detector. Tidak usahlah. Majukan saja ke pengadilan," katanya.

Hotma mengaku tak mau berseberangan dengan Kapolda Bali, Inspektur Jenderal Ronny F Sompie soal lie detector.

"Saya tidak mau berseberangan dengan Kapolda soal lie detector nih. Kapolda pernah bilang setelah diperiksa omongan Agus banyak benarnya. Tapi klien saya semuanya jujur dari hasil lie detector."

Polda Bali berencana akan melakukan tes uji kebohongan kembali kepada Margriet. Hal itu dilakukan lantaran hasil uji kebohongan pertama dianggap tak maksimal.

Kabid Humas Polda Bali Kombes Pol Hery Wiyanto mengatakan, alat lie detector yang digunakan untuk tes uji kebohongan Margriet di awal, tidak mengalami kegagalan.

“Tidak gagal, namanya juga alat ya harus dimaklumi. Selain itu juga, ketika siapa pun yang harus diuji dengan lie detector harus rileks,” ujar Hery.

Terlebih dalam menjalani tes uji kebohongan, tersangka harus dalam keadaan rileks, tenang, dan tidak banyak pikiran. Kondisi inilah yang tidak dialami Margriet ketika menjalani tes uji kebohongan pertamanya pada 17 Juni lalu. Namun demikian, tidak diketahui kapan uji kebohongan lanjutan akan dilakukan kepada Margriet.

(mus)