Kantor Agama Bantul Sebut Idul Fitri Bisa Bersamaan

Kemenag memantau hilal di Jambi, 27 Juni 2014.
Sumber :
  • VIVAnews/Ramond EPU
VIVA.co.id - Kepala Kantor Kementerian Agama Bantul, Abdul Madjid, Senin, 13 Juli 2015, mengatakan Hari Raya Idul Fitri 2015 dapat berlangsung bersamaan, atau tidak ada perbedaan pada Jumat, 17 Juli 2015.

"Tinggi hilal 3,01 derajat di atas ufuk," kata Madjid, menyebut alasan bahwa hilal yang menandai 1 Syawal 1436H, sudah tampak. Tapi, dia mengatakan instruksi Kemenag RI tetap akan dilakukan.

Rukyatul hilal di pos Observasi Bulan Bukit Makam Syekh Bela-belu, yang terletak di Parangtritis, Kretek, akan dilakukan untuk mengakomodasi berbagai organisasi keagamaan di Indonesia.


Menurut data astronomi konjungsi Matahari dan Bulan, Madjid menyebut akhir Ramadhan terjadi pada Kamis, 16 Juli, pukul 08.26. "Walau tinggi hilal sudah 3,01 derajat, keputusannya melalui sidang itsbat," katanya.


Dia menambahkan, pemerintah Indonesia tidak serta-merta dalam menentukan awal 1 Ramadhan maupun 1 Syawal. Selain rukyatul hilal, pemerintah juga menggunakan keputusan menteri agama dari beberapa negara.


Selain Indonesia, ada kesepakatan dari menteri agama Malaysia, Brunei, dan Singapura. Forum menteri agama itu memiliki kriteria, dalam pengambilan keputusan 1 Ramadhan maupun 1 Syawal.


"Ketentuan yang disepakati, ketinggian hilal tidak kurang 2 derajat, jarak lengkung (elongasi) Matahari ke Bulan tidak kurang dari 3 derajat. Terakhir, ketika Bulan terbenam, umurnya tidak kurang dari 8 jam," katanya.