Dua WNI Korban Tragedi Mina Berasal dari Probolinggo

Jemaah haji yang terluka akibat terinjak-injak di Mina, Arab Saudi
Sumber :
  • breaking news-tvOne

VIVA.co.id - Dua jemaah haji Indonesia asal Probolinggo Jawa Timur dilaporkan menjadi korban tragedi Mina. Saat ini baru satu diantaranya yang berhasil diidentifikasi.

"Yang berhasil teridentifikasi, pertama atas nama Hamid Atuwi Bin Tarji asal Probolinggo, Jawa Timur. Sementara, satunya lagi belum teridentifikasi, sama, juga dari Probolinggo," kata Ketua Bidang Pembinaan Petugas dan Jamaah Haji Embarkasi Surabaya Haris, Jumat 25 September 2015.

[Baca Juga: ]

Kedua jemaah itu diketahui tercatat dalam kelompok terbang 48 Embarkasi Surabaya. Belum diketahui persis kenapa dua jemaah tersebut bisa menjadi korban. Sebab beredar kabar sebelumnya korban justru melintas di jalur Arab atau Afrika atau jalur 402.

"Padahal jarak, tempat pemondokan jamaah haji asal Indonesia 20 kilometer dari jalur tersebut (jalur 402). Nah, itu yang kita belum tahu, kok bisa nyasar. Kita masih terus mendalami dan mencari informasi," katanya.

[Baca Juga: ]

Tragedi Mina untuk kesekian kalinya terjadi di Arab Saudi. Tahun ini, meski masih dalam proses identifikasi, namun kejadian pada Kamis 24 September 2015 itu dilaporkan telah menelan korban lebih dari 717 jemaah haji meninggal.

Sementara lebih dari 800 orang lainnya terluka. Hingga kini penyebab kejadian masih diinvestigasi. Namun diduga karena jemaah saling berdesak-desakan sehingga membuat banyak yang terinjak-injak.

Sejauh ini, korban jemaah haji asal Indonesia dilaporkan tiga orang. Satu berasal dari embarkasi Batam dengan nama Saiyah Syahir Abdul Gafar (50) dan dua lagi berasala dari embarkasi Surabaya, yakni Hamid Atuwi Bin Tarji dan satu lagi belum terindentifikasi. (ren)