Doa Warga Malaysia untuk Indonesia

Sumber :

VIVAnews - Hari ini, Senin 31 Agustus 2009, warga negeri jiran Malaysia merayakan hari kemerdekaannya dari Inggris yang ke 52. Tak terkecuali mereka yang saat ini berada jauh dari kampung halamannya, termasuk di Jakarta.

Seperti dimuat laman Bernama, Senin 31 Agustus 2009, upacara bendera dan doa selamat diadakan di Kedutaan Besar Malaysia malam tadi, Minggu 30 Agustus 2009.

Bendera 'Jalur Gemilang' dikibarkan dengan iringan lagu kebangsaan 'Negaraku'. Paduan suara anak-anak dari Sekolah Bimbingan Malaysia juga menyanyikan lagu-lagu perjuangan semisal Kerana Mu Malaysia'

Dalam upacara tersebut juga dipanjatkan doa khusus untuk Indonesia. Apa itu? Agar Malaysia dan Indonesia bisa melanjutkan hubungan diplomatik yang harmonis.

2009 jadi tahun yang berat bagi hubungan Indonesia dan Malaysia. Dari persoalan klaim kebudayaan Indonesia seperti reog, batik, dan wayang.

Masalah rumah tangga model asal Indonesia, Manohara Odelia Pinot, masalah sengketa blok Ambalat, dan penyiksaan tenaga kerja wanita asal Indonesia, Siti Hajar yang berujung moratorium penghentian TKI, lalu masalah tari Pendet, membuat persoalan makin teruk.

Beberapa hari menjelang peringatan hari kemerdekaan Malaysia, giliran pihak Indonesia yang mengajukan klaim. Lagu kebangsaan Malaysia 'Negaraku' dianggap menjiplak lagu 'Terang Bulan' asal Indonesia.