Fadli Zon: Aksi 313 Bagian dari Demokrasi

Ilustrasi/Demonstrasi Tolak Ahok di Jakarta
Sumber :
  • REUTERS/Beawiharta

VIVA.co.id – Elemen masyarakat dari berbagai organisasi yang tergabung dalam Forum Umat Islam (FUI) akan melakukan aksi pada Jumat 31 Maret 2017 atau dikenal 313. Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Fadli Zon menilai aksi demonstrasi itu adalah hal yang biasa karena bagian dari demokrasi.

"Itu tidak terpisahkan dari demokrasi kita. Jadi kalau mau demonstrasi ada aturannya. Yang penting bisa berjalan dengan tertib dan damai," kata Fadli di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu 29 Maret 2017.

Fadli mengatakan belum mengetahui lokasi peserta aksi 313. Namun, jika di depan komplek parlemen, biasanya ada delegasi perwakilan peserta aksi menemui DPR.

"Kalau ada di depan DPR biasanya nanti ada delegasi. Pada waktu itu kan ada diterima oleh Komisi III. Saya kira bisa diterima lah. Setiap ada demonstrasi, ada delegasi yang masuk," lanjut Wakil Ketua Umum DPP Gerindra itu.

Fadli berharap dengan rencana aksi 313 ini, pemerintah bisa mendengarkan aspirasi pendemo. "Yang penting aspirasinya harus didengarkan. Dalam demokrasi rakyat  punya suara. Itu cara mengungkapkan, mereka mengirimkan aspirasi seperti itu," kata Fadli.

Seperti diberitakan, aksi 313 ini masih terkait bentuk protes agar Presiden Joko Widodo memberhentikan Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) yang sudah menjadi terdakwa kasus dugaan penistaan agama. Salah satu lokasi aksi 313 nanti direncanakan di depan Istana Kepresidenan Jakarta. (hd)