Kapolda Metro Sebut Anggotanya Tak Terkait Penyerangan Novel

Novel Baswedan
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Aprillio Akbar

VIVA.co.id – Kapolda Metro Jaya Inspektur Jenderal Polisi M Iriawan memastikan pihaknya telah melakukan pemeriksaan terhadap Yusmin. Dia menegaskan bahwa anggota Subdit Resmob Polda Metro Jaya itu tak terlibat penyerangan terhadap penyidik senior KPK, Novel Baswedan.

"Sudah (diperiksa) itu, kami lakukan. Semua clear," kata Iriawan di sela peninjauan rute mudik, di Bekasi, Selasa 6 Juni 2017.

Dia menjelaskan bahwa alibi Yusmin juga menunjukkan bahwa yang bersangkutan tak berkaitan dengan penyerangan yang menimpa Novel.

"Di alibi juga tidak ada kaitan peristiwa dengan di depan saudara Novel," ujar dia.

Baca Juga: Motor di Rekaman CCTV Kasus Novel Ternyata Milik Polisi

Sebelumnya diberitakan, polisi sudah memeriksa dua orang bernama Mukhlis dan Hasan yang terekam CCTV di sekitaran rumah Novel. Namun, keduanya tak terbukti dan memiliki alibi kuat bahwa bukan pelaku penyiraman air keras terhadap Novel.

Selain itu, Kadiv Humas Polri, Inspektur Jenderal Setyo Wasisto juga mengatakan, terkait sepeda motor melintas yang terekam dalam CCTV yang sempat diduga digunakan pelaku sudah diketahui siapa pemiliknya. Motor tersebut merupakan milik anggota kepolisian bernama Yusmin yang berdinas di Polda Metro Jaya, sehingga motor tersebut bukan lah milik pelaku.

Menurut dia, Yusmin memang kerabat dari Muklis dan Hasan yang sebelumnya pernah dimintai keterangan penyidik. Namun, ia memastikan tak ada kaitannya antara sepeda motor milik Yusmin dengan kasus penyiraman Novel Baswedan.

"Itu sudah beberapa hari sebelum kejadian, Yusmin juga diperiksa. Enggak ada (kaitan)," ujarnya.