Yudi Latif Mundur, PAN: Ada Permasalahan Internal di BPIP

Wakil Ketua DPR RI yang juga kader PAN Taufik Kurniawan.
Sumber :

VIVA – Wakil Ketua DPR RI Fraksi PAN Taufik Kurniawan mengaku kaget dan mempertanyakan mundurnya Kepala Pelaksana Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Yudi Latif. Pasalnya, mundurnya Yudi Latif ini di tengah BPIP yang belakangan menjadi sorotan sejumlah kalangan.

Polemik BPIP terkait gaji dan hak keuangan Dewan Pengarah BPIP sempat menjadi perbincangan publik.

"Kemarin BPIP sudah menjadi sorotan dalam kaitan gaji pejabatnya, khususnya dewan pengarah. Isu itu sudah cukup mereda, dan pemerintah sudah klarifikasi, tapi Kepala BPIP tiba-tiba mundur. Ini ada apa di internal BPIP. Ini memberi kesan, selama ini baik-baik saja, tapi ternyata ada permasalahan internal," kata Taufik yang juga Wakil Ketua Umum PAN itu melalui keterangan tertulis, Jumat 8 Juni 2018.

Taufik pun meminta pemerintah, khususnya Presiden Joko Widodo yang mengangkat dan melantik Yudi Latif, dapat memberikan penjelasan kepada publik. Menurutnya, kehadiran BPIP yang diharapkan menjadi harapan baru bagi masyarakat, malah terus-terusan menjadi polemik.

"Kita berharap BPIP tampil, dan menjawab harapan masyarakat dalam kaitan membumikan Pancasila, dan membantu Presiden dalam merumuskan arah pembinaan ideologi Pancasila. Apalagi di tengah masifnya paham radikalisme," kata Taufik.

Sebelumnya, Yudi Latif mengundurkan diri sebagai kepala BPIP melalui pesan perpisahan yang dimuat dalam akun Facebook-nya.

"Saya mohon pamit. Segala yang lenyap adalah kebutuhan bagi yang lain, (itu sebabnya kita bergiliran lahir dan mati). seperti gelembung-gelembung di laut berasal, mereka muncul, kemudian pecah, dan kepada laut mereka kembali," tulis Yudi lewat akun Facebook Yudi Latif Dua.