Dahlan Iskan Masuk Kandidat Ketua Timses Jokowi di Jatim

Mantan Menteri BUMN, Dahlan Iskan.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Nur Faisal (Surabaya)

VIVA – Jajaran pimpinan sembilan partai koalisi pengusung pasangan bakal calon presiden-wakil presiden Jokowi dan Ma'ruf Amin di Jawa Timur melakukan konsolidasi terkait pemenangan pada Pemilihan Presiden 2019. Calon ketua tim sukses atau timses juga dibahas. Nama mantan Menteri BUMN, Dahlan Iskan, masuk dalam bursa.

Konsolidasi digelar di kantor Dewan Pimpinan Daerah PDI Perjuangan Jatim di Jalan Raya Kendangsari Surabaya, Jawa Timur, pada Selasa hingga Rabu dini hari, 4-5 September 2018. Peserta yang hadir ialah pimpinan parpol dari PDIP, PKB, Golkar, Nasdem, PPP, Hanura, Perindo, PSI, dan PKPI.

"Alhamdulillah, tadi malam sampai Rabu dini hari kami konsolidasi. Diikuti oleh sembilan parpol Koalisi Indonesia Kerja. Konsolidasi berjalan sangat baik. Kami menjalankan politik riang gembira, dan bertekad menjadikan Pilpres sebagai festival kebaikan untuk masyarakat," kata Ketua DPD PDI Perjuangan, Kusnadi, Rabu 5 September 2018.

Dia menjelaskan, dalam pertemuan itu dibahas strategi pemenangan dan susunan Timses Jokowi-Ma'ruf Amin untuk wilayah Jatim. Kusnadi enggan membeberkan soal strategi yang akan diterapkan untuk memenangkan jagoannya di Pilpres nanti. Hal yang pasti, teknis strategi akan diturunkan dari tingkat wilayah ke cabang sampai tingkat anak ranting, bahkan RT/RW.

Untuk susunan timses, Kusnadi menuturkan bahwa sekira 150-160 orang ditunjuk menempati posisi struktur tim, terdiri dari dewan pengarah, dewan penasihat, ketua, wakil ketua, sekretaris, bendahara, dan direktur-direktur.

"Yang jelas koalisi sangat kompak, dan kita bekerja sangat terstruktur," katanya.

Bagaimana dengan ketua timses? Kusnadi mengungkapkan ada empat nama masuk usulan dari koalisi. Yakni Gubernur Jatim yang juga Ketua Demokrat Jatim, Soekarwo; mantan Gubernur Jatim, Imam Utomo; mantan Menteri BUMN, Dahlan Iskan; dan Kapolda Jatim yang hampir pensiun, Irjen Pol Machfud Arifin.

"Tapi ada aturan Kemendagri, kepala daerah tidak boleh menjadi ketua tim kampanye atau timses, otomatis nama Pakde Karwo gugur dengan sendirinya. Tapi nama Pakde Karwo diusulkan sejumlah parpol koalisi. Jadi sekarang ada tiga kandidat ketua tim," ujarnya.

Sekretaris PDI Perjuangan Jatim, Sri Untari, menambahkan, seluruh ketua parpol koalisi akan menjadi wakil ketua tim kampanye Jokowi-Kiai Maruf di Jatim.

"Pada 7 September nanti, nama ketua tim pemenangan di Jatim dan seluruh struktur di bawahnya sudah diputuskan, lalu dilaporkan ke tim kampanye nasional," katanya. (ren)