Ditunjuk Megawati, Risma Resmi Jadi Pejabat Partai di PDIP 

Megawati di Kongres PDI Perjuangan di Bali, 10 Agustus 2019.
Sumber :
  • VIVA/Eduward Ambarita

VIVA – Tri Rismaharini, resmi ditunjuk sebagai pejabat partai di kepengurusan baru PDI Perjuangan periode 2019-2024. Terpilihnya Risma menarik perhatian karena Wali Kota Surabaya itu merupakan kepala daerah yang populer dan berprestasi.

Saat ditunjuk dan dilantik, Megawati menyebut, Risma tidak berada di tempat karena sudah izin sebelumnya untuk kegiatan penting.

"Hari ini mohon maaf, karena (Risma) lagi bongkar-bongkar sekolah katanya," ujar Megawati di Kongres V PDI Perjuangan, Hotel Grand Inna Beach Bali, Sanur Sabtu 10 Agustus 2019. 

Risma sendiri akan mengisi pos di partai sebagai Ketua DPP Bidang Kebudayaan. Jabatan atau nomenklatur itu sebelumnya dipimpin I Made Urip. Karir politik Risma dikatakan 'naik tingkat' dari kader biasa dan sekarang memegang struktur penting di partai.

Megawati sendiri menekankan, dirinya setelah ditunjuk kembali, ingin menunjukkan bahwa partainya sebagai pelopor.  Hal itu ditunjukkan dengan penanaman ideologi yang kuat dan pembentukan sekolah partai yang periodik untuk memastikan regenerasi terus berjalan.

Tri Rismaharini adalah Wali Kota Surabaya dua periode dan merupakan satu-satunya wanita pertama yang menjadi kepala daerah di wilayah itu.

Saat datang ke Kongres V pun, dia datang menggunakan ojek online karena macetnya jalan di Pulau Dewata itu, kemarin di hari pertama pembukaan. [mus]