Kamis Malam, MPR Gelar Paripurna untuk Tetapkan dan Lantik Pimpinan

Paripurna MPR dipimpin Zulkifli Hasan
Sumber :
  • VIVAnews/Anwar Sadat

VIVA – Sekretaris Jenderal MPR, Ma'ruf Cahyono mengatakan, pemilihan pimpinan MPR akan dilaksanakan Kamis malam pukul 19.00 WIB melalui sidang paripurna. Pemilihan pimpinan MPR ini menyesuaikan jadwal paripurna DPD.

"Besok kan rencana jam 19 malam, ada paripurna. Rencananya itu, tadi jadwalnya sudah disahkan waktu paripurna," kata Ma'ruf di kompleks parlemen, Jakarta, Rabu 2 Oktober 2019.

Ma'ruf menjelaskan, pada malam besok prosesnya mulai dari musyawarah hingga pelantikan. Adapun jadwal rapat pimpinan dengan fraksi yang direncanakan hari ini dikosongkan.

"Karena ngasih waktu ini untuk DPD. DPD kan belum terbentuk nih. Kosong hari ini MPR-nya. Anggota MPR, DPR dan DPD, biar mereka rapat di sana dulu. Ya kalau selesai, bisa dilantik, malam itu juga. Rencananya begitu," kata Ma'ruf.

Dalam dinamikanya, semua fraksi di DPR dan satu unsur DPD akan mendapatkan jatah pimpinan MPR. Total kursi pimpinan MPR berjumlah 10.

Adapun Fraksi Gerindra dan Golkar berebut jatah ketua MPR. Fraksi Gerindra mengusung Ahmad Muzani. Sementara itu, Golkar merekomendasikan Bambang Soesatyo atau Bamsoet.

Baru PPP saja yang terbuka mendukung Bambang Soesatyo sebagai ketua MPR. Sementara itu, fraksi lainnya belum memberikan dukungan pada Bamsoet atau Muzani dari Gerindra secara terbuka.