Gerindra Kaget Muncul Relawan Deklarasi Prabowo-Puan di 2024

Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad
Sumber :
  • VIVA/Anwar Sadat

VIVA – Muncul barisan relawan yang mendukung duet Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dan Ketua DPR Puan Maharani untuk maju berpasangan di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Elite Partai Gerindra menanggapi dinamika jelang Pilpres tersebut.

Ketua Harian DPP Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad mengaku kaget ada relawan yang mendeklarasikan Prabowo-Puan sebagai pasangan bakal calon Presiden dan Wakil Presiden pada Pilpres 2024.

Dasco terkejut karena dalam politik biasanya relawan itu hanya menyuarakan satu nama sebagai calon presiden atau calon wakil presiden. Namun, relawan Poros Prabowo Puan langsung mendukung pasangan Prabowo-Puan.

“Biasanya kalau deklarasi relawan itu kan mendukung satu calon, entah mau jadi calon presiden, kan banyak nih. Kita kaget juga ada yang sudah mendahului partai, relawannya justru sudah berkoalisi," kata Dasco di Gedung DPR pada Kamis, 4 November 2021.

VIVA Militer: Letjen TNI (Purn.) Prabowo Subianto

Photo :
  • Instagram/@prabowo

Wakil Ketua DPR ini menegaskan Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Gerindra tidak tahu-menahu adanya barisan relawan yang deklarasi dukungan untuk Prabowo-Puan. Namun, ia berharap deklarasi tersebut tujuannya baik.

“Kita terus terang tidak tahu, dan mudah-mudahan aja bahwa deklarasi kemarin itu maksudnya baik. Karena tidak lazim, ini masih jauh sudah mendeklarasi pasangan calon, mudah-mudahan maksudnya baik," jelas Dasco.

Menurut dia, sementara ini partai yang dipimpin Prabowo masih fokus melakukan konsolidasi internal. Meskipun, sampai saat ini rapat koordinasi daerah sudah 24 atau 25 yang meminta Prabowo maju sebagai calon Presiden 2024.

“Pada waktunya kita akan tentukan apakah Pak Prabowo maju, dan apakah Pak Prabowo kemudian menerima, lalu calon dari Partai Gerindra kita akan declare,” jelas dia.

Barisan relawan Poros Prabowo Puan mendeklarasikan dukungan untuk duet Prabowo-Puan di Matraman, Jakarta Timur pada Rabu, 3 November 2021. Mereka punya alasan duet Prabowo-Puan bisa maju sebagai pasangan capres dan cawapres di Pilpres 2024.

Salah satu alasannya karena kombinasi Prabowo dan Puan dinilai saling melengkapi. Prabowo juga dinilai punya elektabilitas tinggi merujuk survei dan catatan kinerjanya bagus selama menjadi menteri pertahanan.

Kemudian, alasan relawan menyuarakan dukungan untuk Puan karena putri Megawati Soekarnoputri itu punya rekam jejak pengalaman di kancah politik nasional. Puan pernah menjabat Menteri Koordinator dan saat ini sebagai Ketua DPR. Selain itu, Puan adalah cucu dari proklamator Soekarno atau Bung Karno.