Anies Naik Private Jet Diviralkan, Nasdem: Nyinyir Itu, Akalnya Kurang Sehat

Anies Baswedan Calon Presiden Partai Nasdem di HUT Nasdem
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA Politik - Anies Baswedan jadi sorotan karena viral videonya yang menumpangi private jet saat safari politik ke Sumatera Barat. Anies disindir dan diviralkan ngaku-ngaku merakyat oleh sebagian netizen yang kontra dengannya.

Menanggapi itu, Ketua DPP Nasdem Effendy Choirie atau Gus Choi mengatakan tak mengetahui privat jet yang ditumpangi Anies ke Sumbar. Namun, dari informasi yang diketahuinya, privat jet tersebut adalah sewa. 

"Saya dapat info. Itu sewa. Tapi, saya tahu pimpinan Nasdem banyak yang punya, antara lain Pak Surya Paloh, Pak Viktor Laiskodat," kata Gus Choi saat dikonfirmasi VIVA, Senin malam, 5 Desember 2022.

Bagi dia, tak ada masalah dengan Anies yang menumpangi private jet. Sebab, hal itu untuk efektivitas perjalanan safari politik yang memiliki jadwal padat. Dia heran dengan pihak yang melempar isu privat jet itu disediakan pihak bandar oligarki

Anies Baswedan safari politik ke Sumbar naik private jet.

Photo :
  • Tangkapan layar video

Gus Choi pun melempar sindiran ke kelompok nyinyir yang memviralkan video Anies naik private jet.

"Soal kelompok nyinyir, kita udah tahu. nyinyir itu cermin hati dan akalnya kurang sehat. Perlu ngaji supaya penyakit hatinya sembuh," tutur Gus Choi.

Dia menambahkan jika pun bukan sewa juga tak ada persoalan. Ia bilang pimpinan Nasdem seperti Ketua Umum Surya Paloh dan senior Nasdem Vicktor Laiskodat.

"Umpama milik ketum atau kakak Viktor juga oke. Karena milik sendiri dan dipakai partai sendiri dan bakal capres sendiri. Nggak ada masalah," sebutnya.

Sementara, Anggota Tim Pemenangan Pemilu DPP NasDem Jawa 1, Bestari Barus menambahkan hebohnya Anies menumpangi private jet sebenarnya tak perlu dipersoalkan. Dia bilang hal itu difasilitasi Nasdem untuk mempercepat kegiatan Anies sebagai bakal capres nasdem untuk bertemu dengan masyarakat.

"Mungkin karena belum update bahwa itu berdasar kebutuhan percepatan. Biasanya pak Anies selalu gunakan pesawat komersil kelas ekonomi," kata Bestari.

Namun, dia menepis isu Anies mengendarai jet karena dibiayai pihak oligarki. "Nggak benar ah itu," ujar Bestari

Sebelumnya, sebagian netizen yang kontra dengan Anies memviralkan video eks Gubernur DKI itu menumpangi private jet. Salah satunya pegiat medsos Mohamad Guntur Romli. Dia menyindir Anies seperti menggunakan fasilitas yang disediakan bohir oligarki.

"Keluyuran politik Anies pakai pesawat jet pribadi. Munafik ngaku2 merakyat. Pdhal sblumnya pamer pake kelas ekonomi ke Bali. Ada 3 kemungkinan:
1. Pesawat itu punya Anies? 
2. Sewa, yg pasti harga sewa mahal, siapa yg bayarin? Bohir oligarki? 
3. Disediakan oleh bohir oligarki
?" tulis Guntur dikutip dari akun Twitternya, @GunRomli yang dikutip pada Senin, 5 Desember 2022.