Dilantik Demokrat, Andi Nurpati Siap Dikritik

Andi Nurpati
Sumber :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis

VIVAnews - Meski belum diberhentikan dari  Komisi Pemilihan Umum, Andi Nurpati telah resmi dikukuhkan sebagai pengurus Partai Demokrat.  Andi mengaku siap menghadapi kritikan yang ditujukan kepadanya kendati ia belum mengantungi Keppres pemberhentian.

"Siapa yang mengkritik saya hormati dan hargai, karena saya anggap mereka memperhatikan saya," kata Andi disela pelantikannya di Raffles Hills, Cibubur, Sabtu 10 Juli 2010 malam.

Semua kritikan yang ditujukan kepadanya, kata Andi, akan dijadikan ajang introspeksi untuk membenahi dirinya ke depan. "Kalau memang ada tudingan mereka yang sulit dibuktikan dan dibantah, saya juga siap mengklarifikasi ke publik," kata Andi yang penunjukannya sebagai pengurus Demokrat menimbulkan pro kontra.

Soal penghentian dirinya di KPU, Andi menyerahkan seluruh proses administrasi sesuai mekanisme yang berlaku di Sekretaruat Negara. Meski secara formal pemberhentiannya sebagai komisioner KPU harus menunggu Keppres, Andi mengatakan, sebetulnya sejak 23 Juni lalu, ia sudah tidak lagi mengambil kebijakan yang sifatnya krusial.

Andi sendiri mengaku tidak melakukan komunikasi dengan Setneg terkait Keppres pemberhentian dirinya. Ia menduga Presiden baru akan mengeluarkan Keppres tersebut setelah pelantikannya.

"Yang saya pahami, seseorang resmi di suatu lembaga itu dibuktikan dengan pelantikan. Dengan pelantikan barulah secara formal saya menjadi pengurus. Setelah itu secara formal dikeluarkan Keppres yang memberhentikan," katanya. (umi)