Soal Ambang Parlemen, Demokrat Akomodatif

Anas Urbaningrum
Sumber :
  • VIVAnews/Adri Irianto

VIVAnews - Ketua Umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum menyatakan partainya akomodatif dalam perdebatan soal ambang parlemen. Saat ini, kata Anas, usulan ambang parlemen berada di dua titik ekstrem, 2,5 persen dan 5 persen.

"Ada yang usul tiga persen, ada yang usul tetap 2,5 persen, ada yang usul 4 persen dan usul 5 persen," kata Anas di Bogor, Senin 18 Juli 2011. "Kalau dirangkum kan jadi satu kalimat, 2,5 sampai 5 persen, kan begitu," katanya.

Dan sikap Demokrat, kata Anas, berada di tengah-tengah. "Kami akomodatif. Kami usul 4 persen itu karena kami ingin akomodatif, ada kenaikan kelas tetapi moderat. Moderat itu makna politiknya kan akomodatif," kata Anas.

Dan Anas yakin, partai-partai peserta koalisi seperti Partai Kebangkitan Bangsa, Partai Amanat Nasional, Partai Persatuan Pembangunan dan Partai Keadilan Sejahtera bisa melewati angka 4 persen itu. "Yakin bukan hanya yakin, saya ikut berdoa," kata Anas.

Besok, paripurna DPR akan membahas ambang parlemen yang masuk dalam revisi Undang-undang Pemilu ini. Wakil Ketua DPR Priyo Budi Santoso menyatakan, pembahasan ini tidak akan sampai pada pemungutan suara.