Deretan Penyakit Ini Paling Sering Dialami Jamaah Haji, Yuk Simak 10 Tips Cegahnya!

Jemaah Haji Indonesia gelombang kedua tiba di Jeddah Arab Saudi
Sumber :
  • Media Center Haji 2024

JAKARTA – Ada sejumlah penyakit atau gangguan kesehatan yang paling sering dialami oleh jamaah haji. Tentu saja, masalah kesehatan tersebut dapat mengganggu fokus dan ketenangan dalam melaksanakan ibadah haji.

Terpopuler: Boikot Atlet Israel di Olimpiade Paris 2024, Cristiano Ronaldo KW Naik Haji

Oleh sebab itu, menjaga tubuh tetap sehat dan fit sebelum dan selama melakukan ibadah haji sangatlah penting. Apalagi, saat ini Kota Mekkah sedang menghadapi cuaca panas ekstrem dengan suhu mencapai lebih dari 40 derajat celsius.

Ketua Pengurus Pusat Perhimpunan Kedokteran Haji Indonesia (PERDOKHI) DR Dr Syarief Hasan Lutfie, SpKFR, MARS, AIFO–K mengatakan, cuaca panas ekstrem seperti itu dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan. Terutama pada jemaah haji yang rentan seperti lanjut usia (lansia) dan mempunyai risiko tinggi atau penyakit komorbid.

45 Jemaah Haji Indonesia Masih Dirawat di RS Arab Saudi, Update Informasi Melalui Layanan Ini

"Cuaca panas sangat berisiko pada jamaah haji yang mempunyai komorbid, seperti hipertensi, masalah paru, jantung, itu sangat berisiko," ujar dr Syarief dalam Media Briefing virtual pada Jumat 7 Juni 2024.

Dia mengungkapkan, ada beberapa penyakit yang dialami banyak jemaah haji Indonesia pada tahun 2023. Di antaranya, Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA), hipertensi, sakit kepala, kelelahan dan influenza. Lima penyakit tersebut bisa disebabkan oleh berbagai macam faktor, seperti iklim yang berbeda, dehidrasi atau kurang cukup cairan, dan virus.

Bikin Heboh, 'Cristiano Ronaldo' Naik Haji

"Selama ibadah haji, jemaah haji perlu menjaga hidrasi, akitimasi atau beradaptasi. Kemudian, hindari kelelahan, cegah risiko penyakit menular dengan menggunakan APD, dan rutin konsultasi ke dokter," kata dr Syarief.

Tips Tetap Sehat saat Ibadah Haji

Ilustrasi air asin

Photo :
  • Pexels

Berikut adalah beberapa tips untuk mencegah penyakit bagi jemaah haji. Tips ini juga sejalan dengan rekomendasi PERDOKHI:

1. Jaga Kebersihan 

Rajinlah mencuci tangan dengan sabun dan air bersih, terutama sebelum makan dan setelah menggunakan toilet. Ingat, menjaga kebersihan juga sebagian dari iman.

2. Vaksinasi

Pastikan telah mendapatkan vaksinasi yang disarankan sebelum berangkat, seperti vaksin meningitis, flu, dan lainnya sesuai dengan pedoman yang diberikan oleh otoritas kesehatan.

3. Pakai Masker

Menggunakan masker wajah, terutama saat berada di kerumunan orang atau saat mengunjungi tempat-tempat umum, bisa mencegah penyakit menular seperti influenza.

4. Hindari Kerumunan

Demi menghindari penyakit menular, sebaiknya selalu berusaha untuk menjaga jarak fisik dengan orang lain. Tetapkanlah jarak fisik antara kamu dan orang lain.

5. Perhatikan Pola Makan

Konsumsilah makanan yang bersih, hindari makanan yang terlalu pedas atau berisiko menyebabkan keracunan makanan. "Makan cukup kalori untuk mencegah kekurangan tenaga saat beribadah," imbau dr Syarief.

6. Cukup Istirahat

Pastikan untuk mendapatkan istirahat yang cukup setiap harinya untuk menjaga daya tahan tubuh.

7. Perhatikan Kesehatan

Jika merasa tidak sehat atau mengalami gejala penyakit, segera konsultasikan dengan petugas kesehatan setempat.

8. Hindari Kontak dengan Orang yang Sakit

Usahakan untuk menghindari kontak dekat dengan orang yang sedang sakit untuk mencegah penularan penyakit.

9. Minum Air yang Aman

Pastikan untuk hanya mengonsumsi air yang aman, hindari minum air dari sumber yang tidak terjamin kebersihannya. Jangan lupa juga untuk minum air yang cukup untuk mencegah dehidrasi.

10. Kenali Gejala Penyakit

Ketahui gejala-gejala penyakit umum dan segera cari bantuan medis jika mengalami gejala tersebut. Jangan memaksakan diri untuk beraktivitas apabila sedang tidak fit demi mencegah hal-hal tidak diinginkan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya