Partai Nasdem: Surya Paloh Masih Golkar

Surya Paloh
Sumber :
  • VIVAnews/Tri Saputro

VIVAnews - Ketua Umum Partai Nasdem Patrice Rio Capella menyatakan ultimatum Partai Golkar atas kader-kadernya yang aktif di organisasi massa Nasional Demokrat berlebihan. Menurut Rio yang juga Wakil Sekretaris Jenderal ormas Nasional Demokrat itu, tidak ada larangan anggota partai apa pun aktif di organisasi massa apa pun.

"Pak Surya Paloh (Ketua Umum Nasional Demokrat), juga masih Golkar," kata Rio kepada VIVAnews, Senin 8 Agustus 2011.

Politisi Golkar seperti Syamsul Muarif, Ferry Mursyidan Baldan dan Jeffrie Geovani pun disebut Rio tidak ikut membidani Partai Nasdem. Namun mereka, kata Rio, menjadi sasaran tembak dari petinggi Golkar seperti disampaikan Sekretaris Jenderal Partai Golkar Idrus Marham beberapa hari lalu.

"Kasihan teman-teman (di ormas Nasional Demokrat) yang tidak ikut partai kami," kata Rio. "Padahal mereka tidak ikut membidani, ikut datang ke daerah apalagi menjadi pengurus Partai Nasdem."

Juga, kata Rio, "Kalau Idrus Marham mengancam kadernya di ormas Nasional Demokrat, Partai Nasdem jangan dilibatkan."

Partai Nasdem diakui Rio memang memiliki sejumlah figur yang dulu aktif di sejumlah partai berbeda termasuk Golkar. Namun ketika menjadi pengurus Nasdem, mereka harus mengundurkan diri dari partai yang lama. Nasdem pun menyediakan formulir pengunduran diri itu.

"Itu syarat Undang-undang," kata Rio yang dulu aktif di Partai Amanat Nasional itu. "Tidak boleh merangkap partai." (eh)