Marzuki: Survei Capres, Sosoknya Itu-itu Saja

Ketua DPR Marzuki Alie pimpin rapat bahas proyek gedung
Sumber :
  • Antara/ Andika Wahyu

VIVAnews - Ketua DPR Marzuki Alie ikut angkat bicara mengenai calon presiden 2014 yang mulai ramai disurvei. Menurut politisi Partai Demokrat ini, pemimpin yang muncul itu-itu saja, selalu orang populer dan berambisi.

"Kita seolah terjebak pada situasi yang tidak pernah berubah, yang muncul itu selalu orang yang populer dan berambisi, tapi tidak pernah mengkaji kriteria yang baik untuk 2014," kata dia dalam sebuah diskusi di Gedung DPR, Kamis 27 Oktober 2011. "Tidak ada satupun pengamat yang berbicara kriteria."

Menurutnya, kalau hanya itu-itu saja yang muncul, maka tidak bisa menemukan seorang yang bisa menyesaikan masalah dan tantangan.

"Apa kalau sekadar populer saja, namun tidak memiliki kualitas mau ke mana negara ini," ujarnya tanpa mau menyebut nama.

Marzuki menilai perlu ada pembicaraan serius mengenai kriteria pemimpin yang bisa menyelesaikan tugas-tugas kenegaraan. Langkah pertama dalam mencari pemimpin yang diperlukan Indonesia adalah menerjemahkan tugas dan tanggung jawab pemimpin dalam hal ini presiden.

Setelah itu, imbuhnya, baru bisa disusun syarat dan kriteria yang bisa menjalankan tugas dan amanah itu. "Itu baru namanya memperbaiki bangsa." (umi)