Puan: Jika Dicapreskan, Saya Harus Siap

Ketua Umum PDIP Megawati Soekarno dengan anaknya, Puan Maharani
Sumber :
  • Antara/ Akbar Nugroho Gumay

VIVAnews - Ketua Bidang Politik DPP PDI Perjuangan, Puan Maharani, menegaskan bahwa perihal siapa tokoh yang bakal diusung partainya sebagai capres 2014 diserahkan kepada Megawati Soekarnoputri sebagai ketua umum partai.

"Salah satu rekomendasi Rakernas kemarin adalah memberi kewenangan kepada Ketua Umum untuk itu," kata Puan, Kamis 15 Desember 2011.

Oleh karena itu, menurut Puan, siapapun yang nanti dipilih tentu  akan diumumkan oleh Megawati pada saat yang tepat, dan sudah menjadi tanggung jawab seluruh kader dan fungsionaris partai untuk mendukung keputusan itu.

Bagaimana jika yang dipilih adalah Puan sendiri? Apakah Puan siap menjadi capres yang diusung oleh PDI Perjuangan itu?

"Saya tak bisa menyatakan siap atau tidak siap, tapi apapun keputusan partai terhadap itu saya harus siap," ujar Puan di DPR RI, Jakarta, Kamis 15 September 2011.

Puan meyakini partai tentu mempunyai pertimbangan matang dalam mengajukan seseorang untuk diusung sebagai capres. Oleh karena itu jika sudah ada keputusan partai mengenai hal tersebut, tentu sudah menjadi kewajiban para kader untuk mendukungnya.

Puan sendiri, menyatakan dirinya sebagai kader partai harus  siap ditempatkan di mana saja.

"Sebagai kader partai saya menunggu apa yang akan diperintahkan dan diputuskan," kata Puan.

Sebelumnya, Rakernas I PDI Perjuangan memutuskan agar pencalonan presiden ini menjadi kewenangan penuh ketua umum PDI Perjuangan untuk menentukannya.

"Rakernas PDI Perjuangan memutuskan untuk menyerahkan pencalonan presiden dan wakil presiden pada pemilu 2014 kepada ketua umum partai," ujar Puan di Hotel Harris, Bandung, Rabu 14 Desember 2011.

Hal ini, lanjut Puan, demi menghindari polemik yang dapat merugikan keutuhan dan soliditas partai.

"Segenap kader PDI Perjuangan wajib menjaga soliditas partai, bekerja keras dan menghindari polemik tentang capres dan cawapres yang berpotensi memecah belah partai," kata Puan.

Selain itu, Puan menambahkan, sekarang belum saatnya bagi partai mewacanakan tokoh manapaun yang pantas diusung sebagai capres.

"Rakernas merekomendasikan kepada ketua umum DPP partai agar calon presiden dan wakil presiden yang dicalonkan PDI Perjuangan pada pemilu 2014 disampaikan pada momentum yang tepat sesuai dengan dinamika politik nasional," kata Puan. (adi)