Formappi: Riza Chalid Wajib Beri Keterangan Secara Terbuka

Riza Chalid
Sumber :
  • VIVA.co.id / Andry Daud

VIVA.co.id - Koordinator Forum Masyarakat Peduli Parlemen Indonesia (Formappi), Sebastian Salang mengatakan, proses yang terjadi di Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) dianggap sudah antiklimaks.

"Sekarang ini orang sudah lupa bicara soal Riza Chalid karena orang sudah muak. Orang sudah tidak percaya lagi sama MKD. Pada saat yang sama Pak Riza Chalid selamat. Publik sudah lupa bahwa Riza wajib memberikan keterangan secara terbuka," katanya di Kantor PGI, Jakarta, Jumat, 11 Desember 2015.

Ia mencontohkan, kalau sidang etik Ketua DPR Setya Novanto dilakukan secara terbuka, mungkin yang akan terjadi semua orang akan beramai-ramai mendesak untuk menemukan Riza dan memaksa agar Riza hadir dalam sidang MKD.

"Tokoh agama pun sudah lupa menyinggung Riza. Menurut saya ini keberhasilan dari salah satu skenario tersembunyi yang akhirnya masyarakat lupa," katanya menambahkan.

Sebelumnya, MKD melaksanakan sidang etik atas dugaan pelanggaran etik Ketua DPR Setya Novanto terkait perpanjangan kontrak Freeport. Dalam sidang etik ini, MKD telah memeriksa pelapor Menteri ESDM Sudirman Said, Presiden Direktur PT Freeport Maroef Sjamsoeddin, dan Ketua DPR Setya Novanto

(mus)