Ketua DPR: Babat Habis Abu Sayyaf

Ketua DPR Ade Komarudin.
Sumber :
  • Lilis Khalisotussurur

VIVA.co.id – Kembali terjadinya penyanderaan terhadap warga Indonesia oleh kelompok milisi Abu Sayyaf, membuat geram masyarakat. Selain meminta agar pemerintah berkoordinasi dengan berbagai pihak, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat, Ade Komarudin, juga mendesak pemerintah menindak tegas kelompok itu.

"Kita (negara) kemarin pendekatan sudah cukup persuasif, ternyata dikasih hati malah minta jantung. Koordinasi dengan negara lain, sikat, babat habis!" Kata Ade di kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu, 13 Juli 2016.

Ade menilai Abu Sayyaf tak seperti kelompok teroris pada umumnya yang menjalankan aksi didorong kesadaran ideologi, karena sepak terjang mereka lebih menunjukkan perilaku bandit.

"Saya tidak percaya itu teroris, itu bandit berkedok terorisme. Mungkin bekas didikan terorisme, tapi mereka tidak lagi melakukan tindakan yang basisnya ideologi, tapi soal merampok. Ya harus sikat," Ade geram.

Ade pun berharap operasi militer bisa segera dilaksanakan, agar masalah ini segera teratasi dan para warga yang disandera dibebaskan. Untuk mencapai tujuan itu, menurut Ade, diperlukan diplomasi kuat, sehingga Tentara Nasional Indonesia (TNI) bisa segera masuk ke Filipina melakukan pembebasan.

"Kami nanti akan minta Komisi I untuk proaktif melakukan hak ini pada persidangan yang akan datang," katanya. (ase)