Lupakan Kegagalan Final, Striker Timnas U-16 Fokus ke Sekolah

Gatot Wahyudi
Sumber :
  • aseanfootball.org

VIVAbola - Striker timnas U-16, Gatot Wahyudi, telah melupakan kekalahan yang dialami di babak final Piala AFF 2013, 2 September lalu. Kini, pemain jebolan Sekolah Sepakbola (SSB) Terang Bangsa dari Semarang tersebut kini fokus dalam melanjutkan pendidikannya.

Gatot merupakan pencetak gol terbanyak di timnas U-16. Sepanjang perhelatan Piala AFF U-16 2013, Gatot telah mengemas 4 gol. Sayang, di partai final, Gatot gagal menjalankan tugasnya saat maju sebagai eksekutor dalam drama adu penalti.

Tendangannya terlalu lemah, sehingga dengan mudah dibaca kiper timnas U-16 Malaysia. Di babak tos-tosan, Indonesia akhirnya kalah 2-3 setelah bermain imbang 1-1 sepanjang babak normal.

"Saya takut tidak gol. Apalagi dua penendang sebelumnya, (Asnawi Mangku Alam dan Reksa Maulana) gagal mencetak gol," kata Gatot sesaat setelah mendarat di Bandara Sukarno Hatta, Cengkareng, Tangerang, kemarin, Selasa, 3 September 2013.

Kegagalan ini membuat Gatot sempat menangis di kamar ganti. Namun dia tidak ingin terlalu lama larut dalam kesedihan. Pasalnya, kejuaraan yang lebih berat, yakni babak kualifikasi Piala Asia U-16 2014 sudah menanti para pemain Garuda Muda.

Pada even ini, Indonesia tergabung di grup J bersama Jepang, Vietnam dan Filipina. Di laga perdana, Indonesia akan bertemu dengan Jepang di Kuala Lumpur, Malaysia, 29 September 2013.

Selain urusan lapangan hijau, dalam waktu dekat ini,  Gatot akan disibukkan dengan aktivitas lain, yakni kembali ke sekolah. Saat ini, Gatot masih tercatat sebagai siswa kelas 1 sekolah menengah atas di Semarang. "Saya sudah banyak tertinggal pelajaran. Mungkin, saya harus menambah jam pelajaran di rumah," kata Gatot. (eh)