Vietnam Bungkam Laos, Peluang Indonesia Semakin Menipis

Pemain Vietnam merayakan gol kemenangan
Sumber :
  • REUTERS/Kham
VIVAbola - Harapan timnas Indonesia untuk lolos ke semifinal Piala AFF 2014 kian menipis. Pasalnya, tuan rumah Vietnam sukses menggebuk Laos dengan skor 3-0 di penyisihan Grup A, Selasa 25 November 2014.

Dengan kemenangan ini, Vietnam membuka lebar pintu untuk lolos ke babak semifinal. Pasukan Toshiya Miura saat ini berada di posisi 2 Grup A dengan 4 poin dari 2 laga. Vietnam hanya butuh 1 poin di laga terakhir melawan Filipina untuk memastikan tiket ke babak 4 Besar.

Tampil di depan pendukungnya sendiri, Vietnam sudah mendominasi laga sejak awal. Pada babak pertama, tuan rumah terus menggempur pertahanan Laos. Namun, lini belakang lawan yang solid masih sulit ditembus.

Baru pada menit ke-27, Vietnam sukses membobol gawang tim tamu. Tim berjuluk Tuyen itu unggul lewat sontekan Vu Minh Tuan. Dia memanfaatkan umpan terobosan dari Le Tan Tai. Skor 1-0 bertahan hingga jeda.

Meski mendominasi, Vietnam hanya punya satu tembakan ke arah gawang hingga pertengahan babak kedua. Peluang terbaik didapat pada menit ke-67 lewat aksi Minh Tuan. Sayangnya, kali ini tendangan pemain sayap Tuyen itu sukses diblok kiper Laos.

Pada menit ke-82, giliran pemain pengganti Nguyen Van Quyet yang memiliki kesempatan. Tapi, peluang ini tak berbuah gol karena tendangan Van Quyet tak sempurna.

Tak lama berselang, giliran Le Cong Vinh yang mengancam gawang Laos. Lagi-lagi, kiper Sengathit Somvang sukses mengamankan gawangnya. 

Upaya Vietnam baru membuahkan hasil pada menit ke-84. Bola muntah hasil tendangan Le Tan Tai sukses dimanfaatkan Cong Vinh. 

Empat menit kemudian, gawang Laos kembali jebol. Kali ini, sontekan Nguyen Huy Yung yang memaksa Somvang tak berdaya. Skor 3-0 untuk Vietnam bertahan hingga akhir laga.

Susunan Pemain
Vietnam: Tran Nguyen Manh, Que Ngoc Hai, Dinh Tien Thanh, Le Phuoc Tu, Nguyen Van Bien, Le Tan Tai, Nguyen Huy Hung, Vu Minh Tuan, Nguyen Anh Duc, Le Cong Vinh, Vo Huy Toan

Laos: Sengathit Somvang, Saynakhonevieng Phommapanya, Ketsada Souksavanh, Saison Khounsamman, Bounthavy Sipasong, Keoviengphet Lithideth, Phommmasane, Khonesavanh Sihavong, Vilayout Sayyabounsou, Souk Aphone Vongchiengkham, Khampheng Sayavutth
(one)

Baca juga: