Dituduh 'Jual Negara', Aji Santoso: Usut Tuntas!

Pelatih Arema FC, Aji Santoso
Sumber :
  • ANTARA/Widodo S Jusuf
VIVA.co.id - Tuduhan pengaturan skor yang dialamatkan kepada timnas Indonesia U-23 saat melawan Vietnam dan Thailand di SEA Games 2015 membuat Aji Santoso gusar. Pelatih Garuda Muda itu memintaaparat kepolisian untuk mengusut tuntas tuduhan itu dan menindak siapapun yang terbukti bersalah.

Namun bila tuduhan itu tidak terbukti, Aji bersiap untuk mengajukan upaya hukum menuntut balik BS, pria yang membuat isu tersebut mencuat. "Ini tuduhan sangat keji, saya berani jamin itu tidak terjadi,” kata Aji Santoso ditemui di Malang, Rabu 17 Juni 2015.

"Ini tuduhan yang serius. Saya, manajer dan jajaran pelatih lain dituduh menjual negara. Jika tuduhan itu tak bisa dibuktikan saya akan meminta manajer untuk menuntutnya secara hukum," ia menambahkan.


Salah satu tuntutan yang sudah disiapkan adalah meminta BS untuk merehabilitasi nama baik Timnas U-23. Tuduhan ini, dinilai Aji, tak panas dilakukan disaat mental pemain terpuruk akibat kacaunya sepakbola dan sanksi FIFA yang mendera Indonesia.


"Bayangkan bagaimana beratnya membangun mental pemain ketika sanksi FIFA turun. Semakin menuju SEA Games habis pemain semakin galau karena kawatir tak bisa main bola lagi setelah SEA Games lewat. Tuduhan yang keluar disaat seperti ini saya rasa sangat tidak dewasa,” ujar pelatih asal Malang tersebut.


Aji mengungkapkan, sepanjang menjalani pertandingan SEA Games, dia tak pernah keluar atau menemui siapa pun sendirian. Begitu juga dengan pemain.


"Saya tak pernah tahu tentang pengaturan skor, mungkin bandarnya juga tak mau mendekati saya," tutur Aji.