Metode Indra Sjafri untuk Seleksi Timnas Indonesia U-19

Pelatih Timnas Indonesia U-19, Indra Sjafri.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Regina Safri

VIVA.co.id - Indra Sjafri telah resmi memulai hari pertama seleksi tim nasional Indonesa U-19 di National Youth Training Center, Sawangan, Depok pada Rabu 1 Maret 2017. Sebanyak 41 pemain dipanggil dalam seleksi tahap 1 ini.

Proses seleksi nantinya akan berlanjut ke tahap kedua. Dan pada kesempatan itu, pemain yang bakal diseleksi oleh juru taktik asal Sumatera Barat tersebut berasal dari pengajuan Asosiasi Provinsi PSSI.

Metode ini berbeda dengan yang pernah dilakukannya saat membesut timnas Indonesia U-19 pada 2014 lalu. Saat itu, Indra turun langsung blusukan ke daerah-daerah mencari pemain. Hasilnya Evan Dimas cs mampu menggondol gelar juara Piala AFF U-19.

"Bagi saya tidak masalah, karena saat ini sama saja, di beberapa daerah saya lihat pemain yang diseleksi oleh Asprov. Tapi, seperti Atambua yang sengaja saya pantau langsung," ungkap Indra saat ditemui wartawan usai latihan.

Terkait dengan proses penyaringan pemain dari Asprov PSSI. Dikatakan Indra akan berbeda dengan yang saat ini dilakukannya. Dia akan menyatukan pemain berdasarkan regional, dan memilih tempat tertentu sebagai lokasi pemusatan latihan.

Langkah tersebut dia tempuh sebagai bagian dari penghematan. Karena, tentu tidak mudah bagi Asprov dan para pemain untuk menerbangkan pemain langsung ke Jakarta.

"Sampai saat ini saya belum menentukan lokasinya. Akan kami pertimbangkan dulu lokasi yang tepat, karena pemusatan latihan kan tidak perlu selalu ada di Jakarta," papar Indra.