Gebuk Peru, Prancis Melenggang ke 16 Besar

Kylian Mbappe merayakan gol
Sumber :
  • REUTERS

VIVA – Torehan positif kembali dikemas Prancis saat menang 1-0 dari Peru dalam laga kedua fase Grup C Piala Dunia, Kamis malam 21 Juni 2018. Kemenangan ini membawa Les Bleus lolos ke babak 16 besar.

Duel yang berlangsung di Ekaterinburg Arena, Ekaterinburg, Rusia itu menghadirkan pertarungan ketat. Prancis dan Peru sama-sama mengusung permainan terbuka di lini tengah.

Menit 34, Prancis akhirnya membuka keunggulan melalui gol Mbappe dengan memaksimalkan bola liar sepakan Giroud yang sempat dihalau kiper Peru. Les Bleus pun unggul 1-0.

Peru yang tampil enerjik juga beberapa kali sempat merepotkan pertahanan Prancis, sayang upaya Paolo Guerrero cs belum membuahkan gol. Skor 1-0 untuk keunggulan Prancis pun bertahan sampai turun minum.

Selepas jeda, Peru membombardir pertahanan Prancis untuk menyamakan skor. Masuknya Jefferson Farfan menambah daya gedor La Blanquirroja yang enggan tersingkir lebih cepat.

Peluang muncul saat Farfan memberi umpan kepada Aquino menit 50, dan melepaskan tendangan keras dari luar kotak penalti. Namun bola yang menyamping hanya mengenai mistar gawang sebelum keluar lapangan.

Menit 75, pelatih Didier Deschamps menarik Kylian Mbappe yang dilanjutkan mengganti Antoine Griezmann 5 menit kemudian. Situasi ini menjadikan Les Bleus memilih bertahan untuk mengamankan keunggulan 1-0 hingga akhir laga.

Dan usaha Prancis pun berhasil, dimana skuat Ayam Jantan mampu menahan gempuran Peru untuk memastikan kemenangan kedua yang meloloskan mereka ke babak 16 besar.

Dengan hasil ini untuk sementara Prancis memuncaki klasemen Grup C dengan 6 poin. Sedangkan Peru dipastikan tersingkir akibat telah menelan dua kekalahan dan terpuruk di dasar klasemen.

Susunan pemain:
Prancis:
Hugo Lloris; Raphael Varane, Samuel Umtiti, Benjamin Pavard, Lucas Hernandez, N'Golo Kante, Paul Pogba (Steven N'Zonzi 89'), Blaise Matuidi, Oliver Giroud, Antoine Griezmann (Nabil Fekir 80'), Kylan Mbappe (Osmane Dembele 75').

Peru: Pedro Gallese, Christian Ramos, Alberto Rodríguez (Andreson Santamaria 46'), Miguel Trauco, Luis Advíncula, Christian Cueva (Manuel Ruidiaz 82'), Yoshimar Yotún (Jefferson Farfan 46'), Pedro Aqiuno, Paolo Guerrero, Edison Flores, André Carrillo.