Arsenal Menggila, Hancurkan Slavia Praha dan Lolos ke Semifinal UEL

Pemain Arsenal merayakan gol
Sumber :
  • Twitter/@Arsenal

VIVA – Arsenal berhasil lolos ke semifinal usai menaklukkan Slavia Praha pada leg kedua babak perempat final Liga Europa. Bermain di Sinobo Stadium, Jumat dini hari WIB, 16 April 2021, The Gunners menang 4-0.

Hasil ini memantapkan agregat menjadi 5-1 yang membuat Arsenal layak merebut tiket semifinal. Bukayo Saka berperan besar dalam kemenangan ini.

Arsenal membutuhkan kemenangan lantaran cuma bermain 1-1 di leg pertama. Tempo tinggi diperagakan anak-anak asuh Mikel Arteta demi tiket semifinal.

Serangan Arsenal baru berbuah hasil di menit 14. Berawal dari serangan Bukayo Saka yang menusuk dari sisi kanan, kemudian melepaskan tembakan yang masih bisa dihalau Ondrej Kolar. Namun, bola jatuh ke kaki Emile Smith Rowe yang dengan mudah melesakkan bola ke dalam gawang.

Sial, gol tersebut dianulir setelah wasit menilai Smith Rowe offside usai menyaksikan VAR.

Namun, tak butuh waktu lama bagi Arsenal untuk benar-benar memimpin di laga ini. Adalah Nicolas Pepe yang mencatatkan namanya di papan skor pada menit 18.

Dua menit berselang, The Gunners mendapat peluang emas untuk menjauhkan keunggulan setelah Saka dilanggar di kotak penalti. Alexandre Lacazette yang jadi algojo tak menyia-nyiakan peluang tersebut untuk membawa timnya unggul 2-0.

Keran gol Arsenal belum berhenti sampai di situ. The Gunners kembali menambah pundi-pundi golnya di menit 24. Kali ini, giliran Bukayo Saka yang menambah koleksi gol Tim Meriam London. SKor 3-0 bertahan hingga turun minum.

Terlihat Arsenal sedikit menurunkan tempo di awal babak kedua. Hal ini cukup wajar mengingat mereka sudah unggul jauh.

Keputusan ini juga tampaknya diambil lantaran tuan rumah seakan sudah pasrah dengan keadaan tanpa adanya daya juang untuk mengejar ketinggalan.

Meski tak banyak peluang, tapi Arsenal masih mampu menambah pundi-pundi golnya di menit 77. Lacazette kembali mengukir namanya di papan skor setelah mendapat umpan matang dari Pepe lewat skema serangan balik cepat.

Kedua tim masih saling serang di sisa waktu pertandingan. Namun, tak ada lagi tambahan gol tercipta.

Skor 4-0 bertahan hingga usai. The Gunners layak lolos ke semifinal berkat keunggulan agregat 5-1.

Susunan pemain

Slavia Praha: Ondrej Kolar (PG); Alexander Bah (Denis Visinsky 46'), Tomas Holes, David Zima, Jan Boril (Oscar Dorley 46'), Petr Sevcik, Nicolae Stanciu (Ondej Lingr 46'), Jakub Hromada (Luka Masopust 46'), Lukas Provod, Peter Olayinka, Jan Kuchta (Stanislav Tecl 71').

Arsenal: Bernd Leno (PG); Calum Chambers, Rob Holding, Pablo Mari, Emile Smith Rowe (Mohamed Elneny 69'), Granit Xhaka, Dani Ceballos, Thomas Partey (Cedric Soares 79'), Bukayo Saka (Gabriel Martinelli 79'), Nicolas Pepe (Folarin Balogun 88'), Alexandre Lacazette (Eddie Nketiah 79').