Zola Dukung Jorginho Kalahkan Messi Raih Ballon d'Or

Gelandang Timnas Italia, Jorginho
Sumber :
  • twitter.com/EURO2020

VIVA – Legenda Chelsea, Gianfranco Zola, cukup yakin Jorginho akan layak menjadi pemenang Ballon d'Or. Meskipun, megabintang Barcelona, Lionel Messi, masih berpeluang mengklaim penghargaan tersebut.

Jorginho menyelesaikan musim 2020/2021 sebagai pencetak gol terbanyak Chelsea di Premier League. Kendati, masing-masing golnya mayoritas berasal dari eksekusi tendangan penalti.

Selain itu, Jorginho juga sukses membawa Timnas Italia menjuarai EURO 2020. Dia selalu bermain untuk setiap pertandingan Italia hingga akhirnya menang adu penalti di laga final kontra Inggris.

Jorginho sebenarnya gagal mengeksekusi penalti di laga final tersebut. Namun, dia tetap menikmati turnamen yang sempurna bersama Azzurri.

Pemain kelahiran Brasil itu mencatatkan 25 kali intesepsi di EURO 2020, jauh lebih banyakl dari rekan setimnya di Chelsea, N'Golo Kante, yang mencatatkan 14 kali.

Sementara itu, Jorginho juga mencatatkan 484 operan sukses, yang hanya bisa dilampaui oleh bek Spanyol, Aymeric Laporte. Untuk urusan tembakan, Jorginho melakukan 38 kali, hanya kalah dari rekan setimnya, Lorenzo Insigne, yang mencatatkan 40 kali tembakan.

Sedankan, Messi yang merupakan pemenangan Ballon d'Or enam kali telah menyelesaikan musim lalu dengan mencetak 38 gol dan 12 assist di semua kompetisi sebelum mengantarkan Timnas Argentina meraih gelar juara Copa America 2021.

Terlepas dari silsilah Messi, Zola, yang mencatatkan 25 caps untuk Timnas Italia dan mencetak 10 gol pada 1991-1997, mewndukung Jorginho sebagai salah satu peraih Ballon d'Or tahun ini.

"Ballon d'Or biasanya diberikan kepada striker atau pemain ofensif yang bisa mencetak banyak gol," kata Zola, seperti dikutip Omnisport, Selasa 20 Juli 2021.

"Sekarang, kita berbicara tentang pemain fantastis seperti Messi yang melakukan hal luar biasa untuk pertama kalinya dengan tim nasionalnya dan ini tidak akan luput dari perhatian," ujarnya.

"Jika mereka memberikannya kepada Jorginho, itu akan pantas. Dia memberikan keseimbangan dan kecepatan konkret untuk timnya. Saya beruntung memilikinya di Chelsea dan saya tahu apa yang dia lakukan di lapangan," ucapnya.

"Itu pantas karena tidak hanya penampilannya di level tinggi, tetapi tim yang dia mainkan sangat luar biasa. Ini harus diperhitungkan," tegasnya.