Spanyol Bungkam Portugal, Tiket Semifinal UEFA Nations League Didapat

Cristiano Ronaldo saat UEFA Nations League Portugal vs Spanyo
Sumber :
  • AP Photo/Luis Vieira

VIVA Bola – Timnas Spanyol membungkam Timnas Portugal dalam pertandingan pamungkas Grup 2 UEFA Nations League di Estadio Municipal de Braga, Rabu dini hari WIB 28 September 2022. Tim Matador menang tipis 1-0.

Kemenangan ini membuat Spanyol yang berhak melaju ke semifinal UEFA Nations League 2022/2023 mewakili Grup 2. Mereka ada di puncak klasemen dengan 11 poin.

Bagi Portugal, kekalahan ini membuyarkan mimpi mereka. Posisi kedua dengan 10 poin menjadi tempat trakhi di fase grup.

Padahal sebelum pertandingan ini, posisi Portugal yang ada di puncak. Mereka cuma butuh hasil imbang melawan Spanyol untuk bisa melangkah ke babak semifinal.

Portugal vs Spanyol UEFA Nations League

Photo :
  • AP Photo/Luis Vieira

Gol kemenangan dari Spanyol baru tercipta pada menit 88. Alvaro Morata memanfaatkan celah yang ada di lini pertahanan Portugal untuk mencetak gol.

Begitu wasit meniup peluit panjang tanda waktu pertandingan habis, para pemain Spanyol bergembira. Mereka bisa keluar dengan sempurna dari situasi yang tak menguntungkan.

Spanyol Dominan, Portugal Tak Gentar

Jalannya pertandingan ini sangat sengit. Sejak babak pertama, Spanyol dan Portugal saling bergantian melancarkan serangan dan mendapat peluang.

Sayangnya peluang-peluang yang hadir pada babak pertama tak bisa mereka maksimalkan. Kedua tim harus masuk ruang ganti dengan skor tanpa gol.

Memulai babak kedua, Spanyol masih tetap mengandalkan dominasi penguasaan bola. Portugal meresponsya dengan serangan balik cepat.

Cristiano Ronaldo yang jadi andalan Portugal beberapa kali mengalami frustrasi. Dia terlalu banyak gagal untuk bisa membobol gawang lawan.

Hingga wasit meniup peluit panjang tanda pertandingan usai, skor 1-0 untuk keunggulan Spanyol tetap bertahan.

Negara yang terdegradasi dari Grup 2 adalah Republik Ceko. Mereka menghuni dasar klasemen dengan empat angka hasil dari sekali menang, sekali imbang, dan empat kekalahan.

Satu tingkat di atas Ceko adalah Swis. Mereka membukuka sembilan poin, atau tertinggal satu angka dari Portugal yang diurutan kedua dengan raihan 10 angka.

Susunan Pemain

Portugal: Diogo Costa; Danilo Pereira, Ruben Dias, Nuno Mendes, Joao Cancelo, Bruno Fernandes, William Carvalho (Rafael Leao 78'), Ruben Neves (Joao Felix 78'), Cristiano Ronaldo, Diogo Jota (Vitinha 79'), Bernardo Silva (Joao Mario 73').

Spanyol: Unai Simon; Pau Torres, Hugo Guillamon (Sergio Busquets 46'), Jose Gaya, Dani Carvajal, Rodri, Koke (Gavi 60'), Carlos Soler (Pedri 60'), Alvaro Morata, Pablo Sarabia (Yeremi Pino 61'), Ferran Torres (Nico Williams 73').