Burkina Faso & Nigeria Lolos ke Perempatfinal Piala Afrika

Pemain Nigeria rayakan kemenangan
Sumber :
  • Africa Cup.com

VIVAbola - Burkina Faso memastikan satu tempat di babak perempatfinal Piala Afrika 2013. Hasil imbang tanpa gol melawan Zambia membuat Burkina Faso keluar sebagai juara grup C.

Dalam pertandingan di Mbombela Stadium, Nelspruit, Selasa 29 Januari 2013 (Rabu dinihari WIB), Burkina Faso mendapat perlawanan sengit dari Zambia. Kedua kubu sama-sama mengerahkan kemampuan terbaiknya. Namun hingga bubar tidak ada gol tercipta.

Burkina Faso menempati posisi puncak klasemen mengemas 5 poin. Mereka sekali menang dan dua kali imbang tanpa menelan kekalahan. Di perempatfinal, Burkina Faso akan menghadapi runner-up grup D. Laga akan berlangsung di Mbombela Stadium, 3 Februari 2013.

Sementara itu, Nigeria mendampingi Burkina Faso di Perempatfinal. Nigeria tampil sebagai runner-up grup C usai menekuk Ethiopia dengan skor meyakinkan dua gol tanpa balas. Sepasang gol Nigeria dicetak lewat titik putih oleh Victor Moses masing-masing di menit 80 dan 90.

Meski sama-sama mengemas 5 poin dengan Burkina Faso, Nigeria harus puas menempati peringkat dua klasemen grup C karena Burkina Faso unggul produktivitas gol. Di babak delapan besar, Nigeria akan menghadapi tim kuat, Pantai Gading yang berstatus sebagai juara grup D. Laga ini akan berlangsung Royal Bafokeng Stadium, Rustenburg, akhir pekan nanti.