Ingin Bela Timnas, Ezra Walian Desak PSSI Bereskan Proses Naturalisasi

Pemain tim nasional Indonesia, Ezra Walian
Sumber :
  • ANTARA FOTO/R. Rekotomo

VIVA – Proses naturalisasi striker Ezra Walian menjadi warga negara Indonesia secara hukum sudah rampung sejak 2017 lalu. Bahkan, Ezra Walian merupakan pemain yang dinaturalisasi paling cepat daripada pemain naturalisasi yang lain.

Namun, hingga kini perpindahan Ezra menjadi WNI masih bermasalah menurut FIFA. Induk organisasi sepakbola tertinggi di dunia itu belum mengesahkan Ezra Walian sebagai pemain asal Indonesia.

Hal itu dikarenakan penyerang asal klub PSM Makassar tersebut masih tercatat sebagai pemain dengan berpaspor Belanda.

Baca juga: Waduh, Timnas Indonesia Bakal Diawasi Intelijen

Alhasil, polemik ini membuat Ezra tidak bisa bermain bagi Timnas Indonesia atau PSM di kompetisi yang diselenggarakan FIFA atau AFC. Teranyar, Ezra dipastikan tak didaftarkan PSM karena statusnya yang masih mengambang.

Melihat kondisi dirinya yang terkatung-katung, Ezra berharap masalah bisa segera selesai. Apalagi, pemain jebolan Jong Ajax itu masih memiliki ambisi untuk kembali berseragam Merah Putih dan membantu kiprah PSM di Piala AFC 2020.

"Saya ingin bermain untuk negara ini dan juga ingin bermain untuk PSM di AFC. Semoga PSSI memecahkan masalahnya dan mudah-mudahan mereka bisa melakukan sesuatu," ujar Ezra.

Akan tetapi, Ezra tetap bekerja keras untuk tampil semaksimal mungkin dan mencetak banyak agar bisa dilirik oleh pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. Meski belum mengenal pelatih asal Korsel itu, Ezra cukup yakin bahwa Shin akan menyumbangkan trofi bagi skuat Garuda.

"Untuk pelatih timnas yang baru, saya belum pernah bertemu, tapi saya lihat dia bisa membawakan trofi untuk Indonesia. Yang jelas, saya masih memiliki harapan untuk bermain di timnas," jelas pemain 22 tahun tersebut.

Baca juga:

Waduh, Timnas Indonesia Bakal Diawasi Intelijen

Indra Sjafri Bantah Berselisih dengan Shin Tae-yong

Enggan Tanggung Malu di Piala Dunia U-20, Timnas Indonesia ke Jerman