Garangnya M Rafli di Timnas Tak Buat Arema Terbuai

Pelatih Arema FC, Milan Petrovic dan M Rafli.
Sumber :
  • VIVA/Lucky Aditya (11-11-18)

VIVA – Pemain muda Arema FC, M Rafli tampil luar biasa kala membela Timnas U-23 dalam ajang Trofeo HB X di Yogyakarta melawan PSIM Yogyakarta dan Bali United. Saat Timnas U-23 melawan PSIM, M Rafli mencetak tiga gol dan membawa Garuda Muda jadi juara di turnamen ini.

Pelatih Arema FC, Milomir Seslija memuji penampilan apik M Rafli. Meski begitu, posisi Rafli tidak lantas akan diubah jika berada di Arema. 

Seslija mengungkapkan alasannya. Menurutnya, tensi pertandingan trofeo dan Liga 1 berbeda. Apalagi bila dia secara reguler bermain sebagai penyerang tentu pergerakannya bakal mudah dibaca lawan.

"Jika dia jadi penyerang, dia tidak akan punya ruang untuk mengembangkan permainan. Karena pemain belakang di tim Liga 1 itu akan selalu menjaga penyerang. Lebih baik dia tetap di posisi gelandang," kata Milo.

Milo pernah mencoba M Rafli sebagai penyerang dalam beberapa kali sesi latihan. Menurut pelatih asal Bosnia ini, M Rafli masih kesulitan melewati penjagaan Hamka Hamzah maupun Arthur Chuna. 

Untuk itu, saat Arema FC menghadapi Borneo FC di Stadion Kanjuruhan, Malang, pada Jumat, 13 September 2019, M Rafli kemungkinan bakal dimainkan sebagai gelandang sesuai posisi aslinya.

"Karena Rafli sebenarnya bukan tipikal striker. Untuk menjadi striker perlu beberapa hal yang harus dikuasai. Pernah dicoba di latihan dan berhadapan dengan bek seperti Hamka Hamzah, dia masih kesulitan," ujar Milo.