Video Amuk Suporter Rusak Stadion Gelora Bung Tomo

Kerusuhan di Stadion Gelora Bung Tomo usai Persebaya vs PSS Sleman
Sumber :
  • VIVAnews/Rahmad Noto

VIVA – Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya mengalami rusak berat usai amuk Bonek pada saat Persebaya ditekuk PSS Sleman dalam lanjutan Liga 1, Selasa 29 Oktober 2019.

Kabid Sarana dan Prasarana Dispora Surabaya, Edi Santoso mengatakan semua fasilitas stadion hancur. Meski belum dihitung detail, kerugian diperkirakan mencapai miliaran rupiah.  

"Kami belum tahu estimasinya berapa. Saya juga belum berani ngomong nominal pastinya. Yang pasti kondisinya rusak parah, hancur," keluh Edi.

Sejumlah fasilitas stadion, mulai dari jaring gawang, papan reklame, lorong pemain, rumput, lintasan lari hingga  bench pemain cadangan mengalami kerusakan.

"Bench pemain dihancurkan, semua dibakar, papan reklame habis, jaring gawang juga dibakar, lintasan lari dibakar. Akan kita inventarisir lagi kerusakannya," ujarnya.

Selain sejumlah fasilitas dirusak dan dibakar bonek. Rumput lapangan juga tampak mengering akibat terbakar. Bench pemain cadangan hanya pecah di bagian atap. Meja match commisioner dirusak dan atap lorong masuk pemain juga remuk.

Bukan hanya itu saja, rumput sintetis buat jalan pelatih juga ludes terbakar. Lintasan lari yang konon harganya miliaran rupiah juga mengalami kerusakan di bebarapa bagian. 

"Yang paling parah gawang kita, dua-duanya sudah hancur tidak bisa  tertolong lagi," ucap Edi.