Masalah Besar Hampiri Timnas U-23 Jelang SEA Games 2019, Apa Itu?

Pelatih Timnas Indonesia U-23 Indra Sjafri (kedua kanan)
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

VIVA – SEA Games sudah di depan mata. Timnas Indonesia U-23 bakal melakoni laga perdana melawan Thailand di City of Imus Grandstand, Filipina, 26 November 2019. 

Namun, pelatih Indra Sjafri masih dibikin pusing. Ia kesulitan mencari striker meski telah 'mengadopsi' pemain senior, Alberto 'Beto' Goncalves.

Indra terpaksa melakukan sejumlah eksperimen agar tim asuhannya bisa tampil tajam di pesta olahraga negara-negara Asia Tenggara itu. 

"Kalau di usia di bawah 22, kami sudah punya Marinus Wanewar yang saya bawa pada Piala AFF 2019 lalu, tapi dia cedera. Terus, saya sudah sisir striker kelahiran 1997 yang benar-benar saya harapkan, tapi tidak muncul," kata Indra.

"Makanya, ada eksperimen yang kami bikin dengan menempatkan Muhammad Rafli sebagai striker. Saya juga sudah antisipasi jika Beto tidak bisa gabung dengan memasang Osvaldo Haay sebagai striker," ucapnya.

Sementara itu, terkait Beto, Indra masih menunggu kabar terbaru dari tim dokter. Sebab, ia harus mengetahui apakah bomber Madura United itu sanggup 7 pertandingan dalam kurun waktu 14 hari.

"Bagi saya, Beto masih butuh adaptasi. Apakah dia pantas masuk skuat yang bermain 7 pertandingan dalam waktu 14 hari. Makanya, ini yang diskusikan dengan tim dokter," ujar Indra.

"Saya akan mengambil keputusan pada tanggal 18 November, siapa saja 20 pemain terbaik, siapa pemain senior yang kami bawa. Situasi ini memang sulit untuk kami, karena hampir semua pemain memiliki kualitas yang sama," imbuhnya.