Bukit Jalilnya Malaysia yang Terlalu Angker untuk Indonesia

Timnas Indonesia takluk saat melawan Timnas Malaysia pada pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2022 Grup G Zona Asia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Kamis 5 September 2019
Sumber :
  • VIVA/Muhamad Solihin

VIVA – Laga krusial akan dilakoni timnas Indonesia di ajang kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia. Mereka akan bentrok dengan Malaysia pada Selasa, 19 November 2019 di Stadion Bukit Jalil. 

Tiga poin tentu menjadi target utama kedua tim, Malaysia membutuhkan kemenangan untuk menjaga asa meraih tiket ke babak selanjutnya. Mereka sementara duduk di posisi ke-4 dengan raihan enam poin dari empat laga. 

Indonesia sendiri sedang berambisi untuk mendapat poin perdana di ajang tersebut. Mereka sementara ada di dasar klasemen Grup G setelah kalah di empat laga beruntun. Namun ambisi terhalang tembok besar. 

Selain dalam performa minor, Indonesia juga akan menghadapi Harimau Malaya yang terkenal garang saat tampil di Stadion Bukit Jalil. Dilansir Soccerway, Indonesia hanya meraih satu kemenangan dari empat laga di Bukit Jalil. 

Terakhir kali, tim Merah Putih menang di Bukit Jalil yaitu pada tahun 2005 lalu di ajang Piala Tiger. Mereka menang dengan agregat 5-2 dan melaju ke partai final. Sayang Indonesia tersungkur di final setelah ditekuk oleh Singapura. 

Setelah itu, Indonesia belum sekalipun merasakan kemenangan. Di 2006, kedua tim bertemu kali ini di laga uji coba dan berakhir imbang 1-1. 

Empat tahun berselang, Indonesia kalah telak 0-3 di Bukit Jalil di ajang Piala AFF. Dan terakhir kali pada Desember 2012 di mana Harimau Malaya kembali menang 2-0.