Gebuk MU, Persija ke Final Piala Gubernur Jatim 2020

Penyerang Persija Jakarta, Marko Simic, melakukan selebrasi
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

VIVA – Persija Jakarta berhasil melenggang ke babak final Piala Gubernur Jatim 2020. Hasil itu didapatkan usai mengalahkan Madura United di babak semifinal.

Dalam laga yang digelar di tadion Kanjuruhan, Malang, Senin, 17 Februari 2020, Persija menang dengan skor 2-1.

Persija langsung tancap gas sejak peluit awal dibunyikan. Ketika laga baru berjalan dua menit, armada Macan Kemayoran sudah mampu mencetak gol.

Adalah Marko Simic yang berhasil mencatatkan namanya di papan skor. Gol bermula dari kesalahan umpan pemain belakang MU, bola lalu disambar Riko Simanjuntak.

Mantan pemain Semen Padang itu menggiring bola sampai kotak penalti, namun tendangannya berhasil ditepis Muhammad Ridho. 

Bola liar mengarah ke Simic, tanpa ampun striker Kroasia itu menceploskan bola dan membuat Persija unggul 1-0. 

Tertinggal satu gol, MU mencoba menguasai permainan. Sejumlah peluang berhasil diciptakan Greg Nwokol cs. Akan tetapi, penyelesaian akhir yang kurang maksimal membuat gol yang diharapkan tak juga tercipta. 

Begitu juga dengan Persija, usai mencetak gol, pasukan Sergio Farias itu sedikit mengendurkan serangan. Hingga akhirnya, skor babak pertama tak berubah, Persija sementara unggul 1-0 atas MU

Di babak kedua, MU mengambil alih serangan. Namun, barisan pertahanan Persija masih terlalu rapat. Alih-alih mencetak gol, MU malah kembali kecolongan pada menit ke-56. Novri Setiawan berhasil menggandakan keunggulan Persija menjadi 2-0. 

Novri mencetak gol setelah memanfaatkan umpan silang dari Marco Motta. Tendangan kaki kanananya dari dalam kotak penalti tak mampu dibendung Muhammad Ridho.

Upaya MU akhirnya membuahkan hasil setelah Greg mencetak gol melalui tendangan bebas pada menit ke-71. 

MU sejatinya sempat kembali mencetak gol pada menit ke-72 melalui Alberto Goncalves, namun gol itu dianulir karena dirinya sudah terjebak off side lebih dulu.

Pada menit ke-83, Rohit Chand mencoba peruntungannya melalui tendangan daribluar kotak penalti. Bola meluncur deras, namun masih tipis di samping gawang.

Pada sisa waktu yang ada, tak ada lagi yang tercipta. Persija menang dengan skor 2-1 dan memastikan tempat di partai final. Persija akan berhadapan pemenang laga Arema FC kontra Persebaya Surabaya.

Susunan Pemain

Persija Jakarta: Shahar Ginanjar (GK), Alfath Faathier, Otavio Dutra (Ryuji Utomo 46'), Maman Abdurahman, Tony Sucipto (Evan Dimas 90’), Marco Motta, Andrianus Dwiki Arya, Novri Setiawan (Sandi Sute 65'), Rohit Chand, Siko Simanjuntak, Marko Simic.

Madura United: Muhammad Ridho, Jaimerson da Silva, Dodi Alexvanjin, Marckho Sandy, Andik Randika Rama, Guntur Ariadi (Brian Ferreira 79'), Syahrian Abimanyu, Harris Tuharea, Greg Nwokolo, Alberto Goncalves, Emanuel Oti Esseibe (Kavey Sehartian 64').